FGD Forum Wakil Rektor I/Wakil Ketua I PTKIN se-Indonesia di IAIN Kendari Bahas 4 Agenda Utama

Novi Rahmilia 10-07-2024 (23:24:52) Berita 609 times
Kendari, Humas - IAIN Kendari menjadi tuan rumah pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) Forum Wakil Rektor I/Wakil Ketua I Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia. 

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Husain Insawan, M.Ag, di Swiss-Bellhotel Kendari, Rabu (10/7/24). 

Prof. Husain dalam sambutannya mengatakan bahwa melalui FGD ini seluruh PTKIN dapat saling berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan layanan akademik di perguruan tinggi masing-masing.

Dia berharap kegiatan FGD ini dapat menghasilkan rekomendasi strategis terkait isu-isu krusial untuk meningkatkan mutu pendidikan di PTKIN.

“Melalui forum ini kita dapat bersinergi dan berkolaborasi untuk mengoptimalkan potensi yang ada untuk kemajuan bersama," ucapnya.

Sementara itu, Ketua forum Warek I/ Waket I Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag menyampaikan empat agenda utama yang menjadi fokus pembahasan dalam FGD ini.

“Empat hal penting yang akan dibahas, diantaranya perantingan cabang ilmu, pelaksanaan seminar nasional dengan tema Pengarusutamaan Moderasi Beragama di PTKIN, penyusunan buku tentang Implementasi Moderasi Beragama di Lingkungan PTKIN, dan sharing APT untuk capaian akreditasi unggul,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor I IAIN Kendari, Dr. Jumarddin La Fua, M.Si menyampaikan bahwa jumlah Warek I/Waket I yang hadir sebanyak 30 orang dari 58 PTKIN se-Indonesia. Selain itu, hadir juga peserta internal yang terdiri dari para dekan, wakil dekan I, dan ketua program studi.

Focus Group Discussions akan dilaksanakan selama 4 hari, 10 – 13 Juli 2024. Dalam sesi ini, para peserta akan berbagi pengalaman dan strategi untuk mencapai akreditasi unggul, serta mendiskusikan tantangan dan solusi yang dihadapi oleh masing-masing PTKIN.


Penulis: Novi Rahmilia
Editor: Lily Ulfia
Fotografer: Andi Arif Walhidayat