Dosen Tamu asal AS Mr. Sean Puji Pesona Pulau Bokori

Lily Ulfia, SE 18-04-2019 (18:58:50) Berita 309 times
Kendari, Humas – Mr. Sean Ryan adalah Dosen Tamu yang ditugaskan oleh RELO, sebuah lembaga Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan di IAIN Kendari sejak September 2018 silam. Sabtu (13/4/19), Sean ditemani beberapa orang dosen dan pegawai IAIN Kendari, berkesempatan mengunjungi salah satu destinasi wisata tersohor di Sulawesi Tenggara, Pulau Bokori.
 
Sean memuji keindahan alam pulau yang terletak sekitar 10 Kilometer dari kota Kendari, tepatnya di kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe ini. Gugusan pasir putih dan dihiasi air laut yang jernih bagaikan kaca, menjadi daya tarik tersendiri bagi Sean.

Untuk mencapai pulau Bokori, Sean menumpangi perahu kecil dengan waktu tempuh hanya sekitar 15 menit dari lokasi dermaga penyeberangan desa Bajo Indah. Dulunya, pulau ini merupakan daerah pemukiman suku Bajo yang disebut desa Bokori. Namun karena ancaman aberasi pantai, pada tahun 1987 pemerintah memutuskan untuk merelokasi penduduk ke wilayah daratan sehingga terbentuklah tiga desa di wilayah daratan yaitu desa Bajo Indah, desa Mekar dan desa Bokori.
Usai relokasi dilaksanakan, puluhan tahun Bokori menjadi pulau nan cantik tak berpenghuni.
 
Hingga akhirnya, pada tahun 2015 pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara di bawah pemerintahan gubernur Nur Alam melirik potensi Bokori untuk dijadikan sebagai destinasi Wisata. Pulau ini ditata kembali dan dilengkapi dengan fasilitas lainnya seperti gazebo, ruang pertemuan, villa, toilet umum, dermaga dan fasilitas penunjang lainnya.
Sejak saat itu, pulau Bokori  menjadi destinasi wisata andalan dan menjadi lokasi pelaksanaan berbagai kegiatan berskala nasional seperti festival bokori, dan pertandingan volley pantai Indonesia Open.
 
Usai mengunjungi Bokori, Sean berjanji akan kembali membawa istrinya ke pulau surga pencinta wisata alam tersebut. Sean begitu menikmati keindahan alam disana dan mengapresiasi komitmen pemerintah untuk menata area wisata itu menjadi destinasi wisata yang menarik.
Meski secara umum fasilitas yang tersedia cukup baik, Sean berharap pemerintah akan meningkatkan kualitas pelayanan khususnya fasilitas kapal penyeberangan yang representatif dan fasilitas diving yang memadai dalam rangka menarik wisawatan asing berkunjung ke tempat itu.
 
Pesona alam Indonesia memang tiada habisnya, bagi kamu pencinta destinasi wisata pantai, Ayo Ke Bokori. Lepaskan penat dengan menikmati panorama alam yang indah, memanjakan mata dengan hamparan pasir putih dihiasi pepohonan nyiur melambai ditiup angin sepoi, serta pesona senja yang menghasilkan siluet bak lukisan sang maestro. Bokori adalah sebuah anugerah yang di perlihatkan Allah Swt agar kita tak lupa bersyukur. Selamat berlibur sahabat IAIN Kendari...
 

Related Post