Dosen STAIN Kendari Raih Doktor

13-07-2012 (02:39:28) Berita 773 times

rezaisPenilaian kinerja lembaga pendidikan tinggi dengan metode Balanced Scorecard pemikiran ini tertuang dalam Disertasi Dosen Jurusan Tarbiyah STAIN Sultan Qaimuddin Kendari, Ambar Sri Lestari di Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta baru-baru ini.

Disertasi doktornya berjudul Penilaian Kinerja Lembaga Pendidikan Tinggi Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard Ambar menjelaskan, Balanced Scorecard merupakan model penilaian kinerja organisasi yang terbaru dan dipopulerkan oleh Kaplan and Norton. Balanced Scorecard menekankan pada 1) pengukuran financial dan non-finansial; dan 2) sebagai hasil suatu proses top-down berdasarkan misi dan strategi dari suatu organisasi. 

Balanced scorecard merupakan salah satu metode yang banyak digunakan untuk mensinkronkanprogram dan kegiatan perusahaan  dengan visi dan strategi organisasi, meningkatkan komunikasi internal dan eksternal dan memantau kinerja organisasi. Metode Balanced Scorecard menyediakan metode pengukuran kinerja yang mengkombinasikan pengukuran tradisional yang menggunakan parameter financial dengan pengukuran yang bersifat non-finansial secara seimbang, dengan menggunakan empat perspektif, yaitu perspektif finansial, perspektif stakeholders, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan & pembelajaran.

Related Post