Divisitasi, IAIN Kendari targetkan Akreditasi B

Lily Ulfia, SE 01-03-2019 (14:07:08) Berita 242 times
Kendari, Humas – Sebanyak empat asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN – PT) melaksanakan asesmen lapangan di IAIN Kendari dalam rangka akreditasi institusi perguruan tinggi, Jum’at (1/3/19).

Rektor IAIN Kendari, Nur Alim, berharap hasil asesmen lapangan yang dilakukan selama satu hari tersebut, bisa meningkatkan akreditasi institusi dari C menjadi B. Tim asesor melakukan peninjauan lapangan setelah mengevaluasi dokumen borang dianggap memenuhi kriteria yang ditetapkan. Grade akreditasi merupakan bukti kelayakan kampus dalam menyelenggarakan pendidikan.

“Tim asesor melakukan visitasi karena ingin memastikan jika laporan yang tertuang dalam borang sesuai dengan kondisi lapangan,” ungkapnya, Jumat (1/3/2019).

Dia menjelaskan, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan akreditasi institusi tersebut. Utamanya, memperhatikan tujuh standar yang sudah tersusun dalam borang akreditasi.

“Tujuh standar penilaian yang kami maksud adalah visi misi perguruan tinggi, tata pamong, kemahasiswaan. Kemudian sumberdaya manusia, kurikulum, anggaran dan sarana prasarana serta penelitian dan pengabdian masyarakat,” jelasnya.

Dia berharap hasil peninjauan lapangan yang dilakukan oleh tim asesor bisa mencapai target yang ditetapkan. Mengingat pihaknya menyusun secara intensif kurang lebih selama enam bulan.

Tim asesor yang melaksanakan visitasi di IAIN Kendari antara lain Prof. Achmad Jainuri, M.A., Ph.D., (UIN Sunan Ampel Surabaya), Prof. Dr. Anna Permanasari, M.Si., (UPI Bandung), Dr. Parmono Hari Adi, M.S., (Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto), dan Dr. Shodiq Abdullah, M.Ag , (UIN Walisongo Semarang). Selama melaksanakan visitasi, selain memeriksa dokumen tim asesor juga melakukan memeriksa kondisi sarana prasarana seperti laboratorium MIPA, Laboratorium Fotografi, Laboratorium Penyiaran serta perpustakaan. Mereka juga melakukan wawancara dengan sejumlah alumni dan mahasiswa serta institusi atau lembaga pengguna alumni IAIN Kendari. (ysf/liv)

Related Post