Ditutup Hari Ini, Pendaftar Lokal IAIN Kendari Naik 100 Persen

Lily Ulfia, SE 14-07-2017 (23:21:45) Berita 788 times
Kendari, Humas IAIN Kendari - Pendaftaran mahasiswa baru IAIN Kendari tahun akademik 2017/2018 melalui jalur Ujian Lokal telah ditutup Jum’at, 14 Juli 2017. Sebanyak 610 orang telah mendaftar sebagai calon mahasiswa baru dan bersiap mengikuti Tes Kemampuan Dasar yang akan dilaksanakan pada Selasa, 18 Juli 2017. Jumlah pendaftar tersebut meningkat 100 persen dibandingkan tahun lalu.

Peningkatan ini diperkirakan terkait upaya sosialisasi IAIN Kendari tahun ini yang lebih luas menjangkau beberapa Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra). Selain itu, perbaikan mutu layanan akademik telah mendapat apresiasi dari masyarakat yang berimbas pada meningkatnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi perguruan tinggi Islam negeri terbesar di Sultra.

Berdasarkan data statistik sistem informasi akademik (SIA) IAIN Kendari, pendaftar ujian lokal berasal dari 254 sekolah yang tersebar di 14 provinsi termasuk Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur.

Wakil Rektor I IAIN Kendari, Dr. Husan Insawan selaku ketua panitia Penerimaan Mahasiswa Baru mengatakan, peningkatan jumlah pendaftar ini membuat panitia lebih selektif dalam penentuan kelulusan nanti sebab kuota mahasiswa baru untuk ujian lokal relatif lebih kecil dibandingkan jalur SPAN PTKIN dan UM-PTKIN.
“Kuota  untuk Ujian Lokal ini lebih sedikit dibandingkan jalur penerimaan sebelumnya sehingga prosesnya akan lebih selektif, untuk yang masih berminat mendaftar kami masih membuka jalur prestasi lokal khusus bagi yang memiliki prestasi baik akademik maupun non akademik mulai tanggal 17-22 Juli 2017” jelasnya.
Sebelumnya IAIN Kendari telah menerima mahasiswa baru melalui dua jalur tersebut dengan jumlah lebih dari separuh kuota penerimaan mahasiswa baru IAIN Kendari tahun ini, sebanyak 1.000 orang.

Penentuan kuota itu berdasarkan sumber daya yang dimiliki baik dari aspek sarana maupun prasarana yang dimiliki. Rencananya tahun depan, IAIN Kendari akan menambah kuota penerimaan mahasiswa baru, menyusul adanya pembangunan gedung baru dan kemungkinan penambahan tenaga pendidik.(liv)
 

Related Post