DEMA Fakultas Syariah Laksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Kelurahan Puunggaloba

Lily Ulfia, SE 22-06-2018 (10:17:11) Berita 242 times
Kendari, Humas - Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Syariah IAIN Kendari melaksanakan program kegiatan pengabdian masyarakat di Kampung Baru, kelurahan Puunggaloba kecamatan Kendari Barat yang dimulai sejak 12 Juni 2018. Ketua DEMA Fakultas Syariah Muh. Zulfah Nuri Syamsu menjelaskan, kegiatan pengabdian yang dilaksanakan antara lain pembinaan keagamaan seperti baca tulis Al Qur’an, dakwah serta kegiatan sosial lainnya.
 
“Sejak Ramadhan kami sudah melaksanakan kegiatan ini antara lain dengan mengisi ceramah agama, mengajar mengaji sekaligus menyalurkan bantuan pakaian bekas dan dana yang berasal dari donasi dermawan yang kami kumpulkan baik dari sivitas akademika IAIN Kendari maupun dari pihak luar” ungkapnya.

Menurut Zulfa, Kampung Baru dihuni oleh 200 kepala keluarga yang sebagian besar berprofesi sebagai buruh, nelayan dan supir angkutan. Kampung tersebut juga minim fasilitas umum sehingga masih perlu perhatian baik dari pemerintah maupun masyarakat. DEMA Fasya memutuskan menjadikan kampung tersebut sebagai kampung binaan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan keagamaan masyarakat juga sebagai bagian dari bentuk tanggung jawab sosial mahasiswa.

“Kami akan menjadikan kampung tersebut sebagai kampung binaan, kegiatan BTQ akan terus berlanjut dan kami juga secara rutin akan mengisi khutbah jum’at di masjid setempat yang kondisinya masih darurat. Alhamdulillah pada saat lebaran Idul Fitri kemarin kami yang mengisi khutbah dan menjadi imam shalat", tambahnya

Zulfah menambahkan, selain melaksanakan kegiatan pembinaan keagamaan, DEMA Fasya berniat membantu penyelesaian pembangunan masjid permanen dengan mencari donatur baik dari pemerintah maupun masyarakat lainnya.

Untuk diketahui, pengurus DEMA Fakultas Syariah dilantik oleh Dekan Fakultas Syari’ah Dr. Kamaruddin, MH bulan Mei lalu. Program ini merupakan program perdana yang dilaksanakan pengurus DEMA Fasya periode 2018.(liv)
 

Related Post