Buka PBAK, Ini Puisi Rektor untuk Ribuan Mahasiswa Baru IAIN Kendari

Lily Ulfia, SE 14-08-2017 (12:09:38) Berita 1012 times
Kendari, Humas -  Rektor IAIN Kendari, Nur Alim baru saja membuka kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) IAIN Kendari tahun 2017. Sekitar 1.100 mahasiswa baru mengikuti kegiatan upacara pembukaan PBAK tersebut yang dilaksanakan di lapangan Gedung Olahraga (GOR), Senin (14/8/17).

Mengawali sambutannya, Rektor membawakan bait-bait kalimat puitis yang sarat makna, berisi pesan dan motivasi kepada mahasiswa untuk meraih sukses dan mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Berikut Isi Puisi yang diberi judul “Tahun Penentuan”

Empat Lima tahun ke depan, adalah tahun tahun penentuan
Yang mengubah seorang remaja, menjadi dewasa
Yang mengubah lulusan SLTA, menjadi sarjana
Yang mengubah anak yang meminta yang dari orang tua, menjadi siap bekerja dan mencukupi dirinya.
Yang mengubah gadis dan pemuda tanggung, menjadi siap diambil menantu oleh calon mertua
Yang mengubah orang yang dianggap belum layak bicara, menjadi orang yang ingin didengar pendapatnya.
Yang mengubah seseorang dari bukan siapa-siapa, menjadi orang yang diperhitungkan dimana dia berada.
 
Empat lima tahun ke depan, adalah tahun-tahun penentuan
Akan menjadi apa dan siapa engkau ke depannya
Itu akan tergantung, siapa yang kau pilih sebagai teman
Itu akan tergantung, tulisan yang kau jadikan bacaan
Itu akan tergantung, siapa tokoh yang kau jadikan panutan
Itu akan tergantung, aktifitas apa saja yang engkau biasakan
Itu akan tergantung, bagaimana menit, jam dan hari-harimu engkau gunakan
Itu akan tergantung, seberapa tinggi engkau menggantungkan harapan dan asa
Itu akan tergantung, seberapa besar kerjamu untuk meraih impian
Itu akan tergantung, seberapa khusyuk engkau bermohon kepada Tuhan
 
Empat lima tahun ke depan, adalah tahun-tahun penentuan
Jangan pernah lengah dan tergoda bujuk rayu menyesatkan
Yang membuat engkau akan menyesal tak berkesudahan
 
Empat lima tahun ke depan, adalah tahun-tahun penentuan
Jadilah semuanya sebagai pemenang,
Keluarlah dari kampus IAIN dengan langkah mantap
Menyongsong masa depan yang gemilang

Bait kalimat puitis ini dibacakan Rektor dengan penuh penghayatan dan dihadiahi riuh tepuk tangan dari seluruh peserta dan sejumlah pejabat IAIN Kendari yang turut hadir pada kegiatan tersebut antara lain Wakil Rektor, Dekan Fakultas, Direktur Pascasarjana, Wakil Dekan, Kepala pusat dan Kabag Lingkup rektorat. 

Usai membacakan puisi, Rektor melanjutkan dengan memberi ucapan selamat kepada mahasiswa yang telah memilih IAIN Kendari sebagai jembatan menuju sukses. “Semua yang hadir di tempat ini adalah bintang pemuda masa depan, harapan bangsa karena kampus ini menyemai para pemimpin yang tangguh, para profesional yang berkualitas, yang akan mengikuti langkah dari para alumni yang telah sukses di berbagai bidang, sebagai Rektor, sebagai pemimpin Perguruan Tinggi, sebagai pemimpin daerah, sebagai guru, sebagai dosen, jurnalis dan profesi terhormat lainnya baik di Sultra maupun di berbagai daerah lainnya, mereka menjadi generasi yang membanggakan” kata Rektor yang disambut dengan yel-yel kegembiraan dari para peserta.

Sepanjang perjalanan IAIN Kendari yang telah resmi beralih status pada tahun 2015, tahun ini merupakan tahun dimana animo masyarakat menunjukkan peningkatan yang begitu pesat dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk pertama kalinya, perguruan tinggi yang baru genap berusia 2 tahun ini menerima mahasiswa baru lebih dari 1.000 orang dan dilakukan dengan pola seleksi yang lebih ketat. Banyaknya jumlah pendaftar dan terbatasnya kapasitas ruang kuliah menyebabkan IAIN Kendari membatasi kuota penerimaan sebanyak 1.100 mahasiswa. 
 
PBAK menjadi awal dari seluruh rangkaian kegiatan akademik yang akan dijalani selama menyandang status mahasiswa. Selain sambutan Rektor, upacara pembukaan PBAK telah diawali dengan laporan ketua panitia PBAK, Hamka Dwi Putra dan Orasi dari Ketua Dema IAIN Kendari Mohammad Sadid Hidayat. Keduanya merupakan tokoh mahasiswa yang ikut memberikan motivasi kepada juniornya agar menjadi mahasiswa yang penuh talenta kepemimpinan dan komunikasi dan tidak saja menjadi mahasiswa biasa yang disibukkan dengan aktifitas akademik semata. “Mengutip Bapak Anies Baswedan yang mengatakan bahwa IPK tinggi hanya akan mengantarkanmu lulus tes wawancara, tetapi keterampilan kepemimpinan dan komunikasi akan mengantarkanmu pada kesuksesan” ungkap Sadid.
 
Kegiatan upacara pembukaan kemudian ditutup dengan deklarasi kebangsaan dan yel-yel cinta pancasila dan NKRI. Selanjutnya seluruh peserta melaksanakan Sholat Dhuha berjama’ah di Masjid Baitul Hikmah IAIN Kendari. Sholat Dhuha berjama’ah bertujuan membangun kesadaran religi mahasiswa IAIN Kendari untuk selalu taat dan patuh pada ajaran agama dan membudayakan ibadah dalam kehidupan sehari-sehari.
 
PBAK IAIN Kendari akan dilaksanakan selama 4 hari dan diisi dengan aktifitas di dalam maupun di luar ruangan. Peserta akan memperoleh materi terkait proses akademik daan kemahasiswaan sebagai panduan awal untuk mengikuti seluruh proses perkuliahan yang akan dijalani selama berstatus mahasiswa IAIN Kendari. (liv)
 
 
 
 
 
 
 

Related Post