Bela Palestina, UKM SENI IAIN Kendari Gelar Aksi Teatrikal

Lily Ulfia, SE 20-12-2017 (12:31:42) Berita 816 times
Kendari, Humas - Dukungan dan simpati kepada Palestina terus mengalir dari berbagai elemen masyarakat Indonesia. Kecaman terhadap Presiden Amerika Serikat, Donald Trump yang mengakui Yerussalem sebagai Ibukota Israel dilaksanakan dengan berbagai aksi demonstrasi di sejumlah daerah. Simpati terhadap penderitaan rakyat Palestina juga datang dari mahasiswa IAIN Kendari.

Semangat bela palestina dilaksanakan melalui aksi teatrikal oleh UKM Seni. Aksi ini menggambarkan kepedihan rakyat palestina yang tertindas akibat konflik berkepanjangan dengan Zionis Israel. Perlakuan kasar hingga penindasan yang berujung maut dilakoni oleh 15 mahasiswa di pelataran Gedung Kuliah IAIN Kendari, Rabu (20/12/17).

Muhammad Ivansyah, dalam orasinya di sela aksi tersebut menyebutkan bahwa aksi ini bertujuan menggugah empati terhadap penderitaan yang dialami saudara muslim di Palestina.

“Lihatlah penderitaan saudara-saudara kita disana, masihkah kita akan bungkam dan tidak peduli. Dukungan wajib kita berikan kepada mereka, mari memperkuat ukhuwah, membantu menyuarakan hak-hak dari saudara kita, mereka membutuhkan bantuan kita untuk membebaskan mereka dari kooptasi zionis Israel”, tegasnya.

Ratusan mahasiswa menyaksikan aksi yang digelar di tengah terik matahari ini. Ekspresi iba dan kesedihan nampak dari wajah-wajah mereka.
Koordinator Aksi Teatrikal, Ibnu Sina Ali Hakim menggagas ide teatrikal dengan menghadirkan lakon yang seolah nyata dimana tentara Israel melakukan penyiksaan terhadap Rakyat Palestina.

Aksi ini merupakan aksi pembuka sebelum digelarnya kegiatan zikir akbar Untuk Palestina pada Jum’at, 22 Desember mendatang. Aksi yang digagas oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) IAIN Kendari tersebut akan ditutup dengan penggalangan dana. (liv)
 

Related Post