Bela Palestina, UKM Seni IAIN Kendari Galang Donasi Lewat Aksi Teatrikal

Novi Rahmilia 07-11-2023 (20:18:55) Berita 960 times
Kendari, Humas - Dukungan dan simpati kepada Palestina terus mengalir dari berbagai elemen masyarakat Indonesia, tak terkecuali dari mahasiswa IAIN Kendari.

Semangat bela palestina dilaksanakan melalui aksi teatrikal oleh UKM Seni IAIN Kendari, di Pelataran Gedung Terpadu, Senin (6/11/2023). Aksi teaterikal dengan tema "Seni untuk Palestina" sebagai bentuk kepedulian terhadap warga Palestina yang mengalami penderitaan akibat genosida Israel. Aksi ini berlangsung dramatis hingga mengundang air mata mahasiswa hingga menggerakkan hati mahasiswa dan dosen IAIN Kendari untuk memberikan donasi.

Wakil Rektor III IAIN Kendari, Dr. Sitti Fauziah M, M.Pd menyampaikan apresiasi bagi mahasiswa yang secara nurani melakukan aksi dukungan terhadap Palestina.

"Apresiasi perlu kita berikan kepada UKM Seni yang telah melakukan dukungan terhadap Palestina. Kita berharap kedua belah pihak menghentikan peperangan karena korban yang berjatuhan sudah banyak, baik korban meninggal dunia, luka-luka, baik kalangan perempuan, anak-anak, dan orang lanjut usia," ucapnya. 

Sementara itu salah satu pemeran teatrikal, Yultri mengatakan, dengan aksi tersebut mereka berharap mahasiswa dapat meningkatkan rasa kemanusiaan untuk negara Palestina.

"Aksi ini merupakan inisiasi dari kami. Kita tahu sekarang ada persoalan konflik di Palestina, makanya kita berinisiatif menggelar ini karena konflik bukan lagi soal agama tapi juga kemanusiaan," tuturnya.

Pemeran teaterikal lainnya, Gusti Kahar mengungkapkan teatrikal ini juga sebagai simbol mengutuk segala aksi represif dan diskriminatif yang dilakukan pemerintah Israel terhadap masyarakat Palestina.

Rencananya aksi teatrikal UKM-Seni IAIN Kendari untuk menggalang donasi ini akan berlangsung selama sebulan hingga ke Kabupaten Konawe. 



Penulis : Ibnu Sina Ali Hakim
Editor : Lily Ulfia