Bawakan Orasi Ilmiah di Wisuda ke X IAIN Kendari, Guru Besar Helmut Schmidt University Jerman Singgung Posisi Indonesia Pada KTT G20

Novi Rahmilia 16-11-2022 (17:17:37) Berita 145 times
Kendari, Humas – Prof. August Pradetto Ph.D, Guru Besar Helmut Schmidt University Jerman menyampaikan orasi Ilmiah yang berjudul G20, Indonesia and IAIN pada Sidang Senat Terbuka Wisuda ke X IAIN Kendari di Hotel Azizah, Rabu (16/11/2022).

Dalam orasinya Prof. Pradetto menyampaikan tentang KTT G20, tentang pentingnya Indonesia dalam sistem internasional, dan tentang IAIN. Ia mengatakan bahwa saat ini sebanyak 20 negara berkumpul di Bali dalam rangka G20, terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah menunjukkan betapa pentingnya Indonesia diantara negara adidaya di dunia. Di tingkat global, Indonesia dipandang sebagai pendukung negara-negara belahan dunia selatan. Banyak negara berkembang di dunia berharap Indonesia akan mewakili keprihatinan mereka dalam G20.

Indonesia telah menunjukkan pertumbuhan yang stabil dan substansial pada 20 tahun terakhir, kecuali pada dua tahun masa pandemi. Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia.

“Dari hal tersebut yang ingin saya tekankan adalah alasan utama kemajuan ini, yaitu kemauan untuk bertahan hidup, ketekunan, kreativitas, kecerdasan, ketahanan dan kemampuan orang Indonesia dalam memecahkan masalah,” ucapnya.

Tenaga ahli Bidang Riset dan Hubungan Internasional pada Senior Expert Service (SES) Jerman ini mengungkapkan rasa bangga bisa berada di antara para akademisi dan wisudawan IAIN Kendari.

“Ini merupakan suatu kehormatan yang luar biasa bagi saya untuk berbicara pada event ini. Saya tahu beberapa universitas di beberapa negara, tapi kampus IAIN Kendari, rekan-rekan dan mahasiswanya memiliki pesona, kehangatan serta semangat aktif dan ceria yang membuat saya bersemangat,” ungkapnya. 

Pada momen ini Rektor IAIN Kendari berpesan kepada seluruh wisudawan agar selalu menjaga nama baik almamater dan empat pilar kebangsaan  yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Tunjukkan kualitas dan integritas, bekerjalah dengan ikhlas, serta jadilah duta Islam wasathiyah di tengah masyarakat yang majemuk,” ucapnya.

Pada Wisuda ke X ini, IAIN Kendari meluluskan sebanyak 507 mahasiswa dengan rincian mahasiswa Program Pascasarjana 40 orang, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan 301 orang, Fakultas Syariah 41 orang, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah 39 orang, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 86 orang.

Lulusan terbaik institut diraih oleh Tita Muchlisha Prodi Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dengan IPK 3,95 dan masa studi 3 tahun 2 bulan. Sedangkan terbaik pada tingkat fakultas diraih oleh Israti La Taa Prodi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah dengan IPK 3,86, Irwansya Prodi Ilmu Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah dengan IPK 3,87, La Ode Muhammad Adam Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan IPK 3,84, dan Aisyah Ahmad Prodi Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana dengan IPK 3,95. (nov/liv)