Banjir Pujian dari Mitra Kerja saat Divisitasi Asesor, FEBI Berharap Dapat Nilai A

Lily Ulfia, SE 27-07-2019 (10:59:18) Berita 272 times
Kendari, Humas – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kendari mendapat kunjungan tim Asesor BAN PT dalam rangka melakukan asesmen lapangan akreditasi Program Studi Perbankan Syari’ah, Jum’at (26/7/19). Sebelumya, FEBI telah melakukan submit dokumen borang pada aplikasi Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online atau SAPTO pada November 2018.

Tim Asesor Prodi PBS terdiri dari Dr. Agus Purwanto SE, M.Si, Akt dari Universitas Diponegoro dan Dr. Naqiyah, M.Ag dari IAIN Purwokerto.

Pada kegiatan asesmen lapangan ini, FEBI menghadirkan sejumlah mitra kerjanya antara lain Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tenggara, Otoritas Jasa Keuangan Sulawesi Tenggara, Pimpinan Bank Syariah dan Perwakilan Perusahaan Sekuritas.

Di hadapan assesor, para mitra kerja memberikan testimoni berkaitan dengan mutu mahasiswa dan dan alumni FEBI IAIN Kendari. Hampir seluruh mitra kerja yang hadir mengakui jika kinerja FEBI sangat memuaskan diukur dari kemampuan mahasiswa maupun alumni melakukan pekerjaan profesional baik saat melaksanakan tugas magang maupun yang telah berstatus sebagai pegawai.

Salah satu testimoni positif datang dari Kepala cabang BRI Syari’ah, Renov Islamy Riza. Bank Plat Merah ini telah menerima sejumlah alumni perbankan Syariah menjadi pegawai  sejak tahun 2017. Beberapa diantaranya memiliki kinerja yang memuaskan , kreatif dan inovatif. Bahkan berdasarkan hasil penilaian kinerja pegawai tahun 2018, salah seorang alumni IAIN Kendari Muh. Salim mendapat predikat pegawai dengan kinerja terbaik se Sultra.

Menanggapi hal itu, Dekan FEBI Dr. Rusdin Muhalling mengatakan, ungkapan apresiasi dari para mitra kerja tersebut dapat mewakili opini publik terhadap kinerja fakultas yang dipimpinnya. Hal ini menguntungkan bagi FEBI dari aspek penilaian standar Mahasiswa dan Alumni meskipun Ia tidak menjamin bahwa testimoni itu berpengaruh besar terhadap penilaian asesor.

Dekan bersama tim penyusun borang akreditasi BPS berupaya maksimal untuk melengkapi seluruh dokumen pendukung 7 standar akreditasi program studi. Untuk itu Ia menaruh harapan agar akreditasi PBS memperoleh nilai A.

“Untuk menghadapi asesmen lapangan ini kami sudah mempersipakan jauh hari sebelumnya, kami melengkapi seluruh instrumen yang dibutuhkan dengan harapan kita bisa meraih nilai akreditasi A atau minimal B,” harapnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Kendari dalam sambutannya juga menyampaikan asa yang sama. Raihan nilaii akreditasi A pada program studi akan mejadi embrio pencapaian akreditasi A bagi institusi.

“Kita harus memulainya dari Program Studi, mudah-mudahan persiapan yang matang ini akan menghasilkan nilai yang juga memuaskan. Jika prodi PBS mampu meraih nilai A maka dapat menjadi acuan bagi kita semua untuk bersama-sama mempersiapkan 18 Prodi lainnya meraih nilai akreditasi A ,” lanjut Rektor.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam adalah fakultas termuda di IAIN Kendari, dibentuk pada tahun 2015 bersamaan dengan alih status STAIN menjadi IAIN Kendari. Kini fakultas ini berkembang pesat seiring tingginya minat mahasiswa pada dua prodi di fakultas tersebut yakni Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah.

Berdasarkan data Sistem Informasi Akademik, jumlah mahasiswa pada Fakultas ini sebanyak 1.294 orang, terbesar kedua setelah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Fakultas ini juga unggul dalam prestasi kemahasiswaan, baik di tingkat provinsi maupun nasional. Tahun lalu mahasiswa FEBI berhasil meraih juara I Lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tingkat Provinsi dan mewakili Sultra pada Lomba PCTA tingkat Nasional di Bandung, Jawa Barat. Prestasi lainnya, Juara I Lomba Karya Inovasi pada Pekan Olahraga, Riset dan Ornamen Seni PTKIN Se Indonesia Timur (POROS INTIM) yang digelar di UIN Alauddin Makassar, November 2018. Prestasi mahasiswa ikut melejitkan FEBI menjadi salah satu fakultas favorit bagi calon Mahasiswa Baru di IAIN Kendari. (liv)
 
 
 

Related Post