Atlit Futsal IAIN Kendari Wakili Sultra di Pra PON 2019

Lily Ulfia, SE 24-09-2019 (16:00:04) Berita 763 times
Kendari, Humas – Atlit futsal IAIN Kendari, Zulkifli David akan mewakili Sulawesi Tenggara pada kegiatan Pra Pekan Olahraga Nasional (Pra PON) Cabang Olahraga Futsal Tahun 2019. Zulkifli adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Ia tercatat sebagai atlit futsal IAIN Kendari yang telah beberapa kali mengikuti turnamen futsal baik tingkat provinsi maupun nasional.

Zul begitu sapaan akrabnya, telah berhasil melewati tiga tahapan seleksi untuk mengikuti kegiatan tersebut.

“Tahapannya dimulai sejak Pekan Olahraga Daerah, saat itu saya mewakili kabupaten Kolaka dan berhasil meraih juara II. Setelah itu saya diundang mengikuti seleksi yang dilaksanakan oleh asosiasi futsal provinsi sebanyak dua kali dan alhamdulillah dinyatakan lolos untuk Pra PON 2019,” kata kapten tim Futsal IAIN Kendari ini.

Untuk mengikuti seleksi itu, Zul berupaya menjaga stamina, menerapkan hidup sehat dan yang terpenting mengikuti latihan rutin dibawah kontrol pelatih futsal IAIN Kendari, Hery Djihu.

Kemampuan Zul dalam olahraga Futsal tidak terlepas dari peran pelatih futsal IAIN Kendari itu. Hery menemukan bakat Zul sejak duduk di semester satu.  Dia kemudian bergabung dalam tim futsal dan secara rutin mengikuti latihan yang bertempat di lapangan Futsal Gedung Olahraga IAIN Kendari.

“Pelatih saya berperan sekali dalam karir saya, selain melatih beliau juga adalah motivator kami. Selalu mengingatkan agar tekun berlatih untuk bisa bersaing pada ajang nasional, selain itu beliau juga membangun karakter kami terutama sportivitas bertanding dan tetap rendah hati,” ungkap Zul.

Zul pernah mewakili IAIN Kendari pada ajang Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (PIONIR) PTKIN Se Indonesia di Malang. Meski belum berhasil menjadi juara, permainan zul dan kawan-kawannya mendapatkan perhatian dari tim PTKIN lain. Pertandingan persahabatan pun digelar selama di Malang. 

“Saya berharap ini menjadi jalan bagi Zul untuk mengembangkan diri dan menorehkan prestasi, dia memiliki kemampuan yang bagus,” ungkap Hery saat ditemui di sela kesibukannya menjadi pelatih.

Hery adalah alumni Prodi Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Kendari tahun 2010. Ia merupakan satu-satunya pelatih futsal di kota Kendari yang telah memperoleh lisensi level 1 dari Asian Football Confederation (AFC).

Hery mengabdi pada almamaternya untuk membina dan meningkatkan kualitas bermain futsal mahasiswa IAIN Kendari. Setiap tahun, Ia membina sejumlah mahasiswa berbakat pada bidang tersebut untuk mewakili IAIN Kendari pada berbagai turnamen.

“Keberhasilan Zulkifli mudah-mudahan memotivasi adik-adiknya untuk tekun berlatih dan mengasah kemampun sehingga bisa meraih prestasi yang membanggakan,”harapnya. (liv)
 
 

Related Post