ASN IAIN Kendari Ikuti Survei Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama

Novi Rahmilia 27-12-2022 (17:21:29) Berita 244 times
Kendari, Humas – Aparatur Sipil Negara  di lingkungan IAIN Kendari mengikuti Survei Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama (IPMB) yang digelar oleh Kementerian Agama RI. Survei berbasis Computer Assisted Test (CAT) ini diikuti oleh seluruh ASN Kemenag  dan dilaksanakan secara serentak pada 1.160 titik lokasi di Indonesia.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya via zoom meeting  mengatakan bahwa ASN Kemenag  terdiri dari berbagai latar belakang agama, suku dan ras yang tentunya akan berpengaruh terhadap kualitas profesionalisme pegawai. Untuk mengetahui indeks profesionalisme pegawai diperlukan langkah yang terukur dan terstruktur salah satunya melalui  pelaksanaan survei  IPMB sehingga kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh ASN Kemenag RI.

“Survei ini bertujuan untuk mengukur tingkat profesionalisme dan moderasi beragama setiap ASN Kemenag juga sebagai upaya untuk mewujudkan SDM yang profesional dan moderat” ucapnya.

Pelaksanaan CAT IPMB di IAIN Kendari dilaksanakan di Laboratorium Komputer UPT TIPD, Selasa (27/12/2022). Panitia Pelaksana Kegiatan Kasim, M.Pd mengatakan CAT IPMB tahap I dibagi kedalam tiga sesi ujian yang diikuti oleh dosen dan pegawai. 

“Sebanyak 194 peserta mengikuti CAT IPMB hari ini dan lima diantaranya merupakan peserta yang berasal dari satker lain yaitu dari  Ditjen Pendis, UIN Makassar dan IAIN Manado yang sedang melaksanakan tugas di Kendari dan memilih titik lokasi tes di IAIN Kendari,” jelasnya.

Kasim menambahkan terdapat beberapa ASN IAIN Kendari yang sedang berada di luar kota mengikuti CAT IPMB di titik lokasi masing-masing seperti BDK Makassar dan STAIN Majene. Bagi ASN yang tidak mengikuti CAT IPMB tahap I dikarenakan dalam perjalanan dinas maupun sedang cuti dapat mengikuti CAT IPMB berikutnya sesuai dengan jadwal yang akan ditentukan oleh Kemenag pusat.