Asah Kemampuan Berpikir Kritis, IAIN Kendari Gelar Lomba Debat Kebangsaan

Lily Ulfia, SE 26-04-2018 (20:08:36) Berita 239 times
Kendari, Humas - Institut Agama Islam Negeri Kendari menggelar Lomba Debat Kebangsaan dan Keislaman di Aula Perpustakaan, Kamis (26/4/18). Lomba ini mengangkat beberapa tema antara lain Remisi Bagi Narapidana Korupsi, Pemisahan Urusan Agama dan Negara, Peraturan Presiden Tentang TKA dan pembubaran Ormas.
 
Bertindak Sebagai Dewan juri antara lain Dr. Asrianto Zainal, Dr. Asni, Dr. Ashadi L Diab, Adenistrawan, Sh, MH dan  Busra Yusuf, M.Pd
 
Pada kesempatan itu, 12 tim dari lintas program studi mengambil bagian sebagai peserta dalam kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka Milad ke 51 Tahun IAIN Kendari.
 
Debat Skolastik ini bertujuan mengasah kemampuan berpikir kritis, mempertahankan argumen dan membalas argument lawan secara logis. Debat ini menggunakan tiga tolak ukur penilaian antara lain konten, penguasaan materi dan kerjasama.
 
Salah Seorang Dewan Juri yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan III Fakultas Syariah, Asrianto Zainal mengatakan, dalam berdebat, peserta hendaknya mampu mengemukakan argument folosofis, teoritis dan normatif. Dengan demikian, peserta mampu mengerluarkan argument secara terstruktur dan mudah dipahami baik oleh dewan juri, lawan debat maupun audiens.
 
Juri lainnya, Dr. Ashadi L Diab mengapresiasi peserta yang telah berpartisipasi dalam lomba tersebut karena telah memiliki kemampuan mengemukakan argumen. Meski demikian ia mengingatkan peserta agar dalam mengeluarkan argumen harus memperhatikan konten yang disampaikan sesuai dengan tema yang diambil serta memaksimalkan peran anggota tim lainnya dalam membantu memberikan argumentasi yang logis.
 
“Tadi saya amati masih ada tim yang tidak memberikan peran bagi anggota tim lainnya dalam memberikan argumentasi sehingga mempengaruhi penilaian juri untuk nilai kerjasama” tambahnya.
 
Kegiatan Debat dilaksanakan oleh Fakultas Syariah IAIN Kendari dibawah koordinasi Wakil Dekan III, Asrianto Zainal.
 

Related Post