ANGGARAN PENELITIAN STAIN KENDARI 720 JUTA

11-09-2013 (10:06:53) Berita 712 times

Dosen STAIN Kendari tidak hanya berkewajiban mengajar dan membimbing mahasiswa. Sebagai pengajar di perguruan tinggi, dosen juga bertanggung jawab pada pengembangan ilmu pengetahuan melalui penelitian. Menyadari pentingnya hal itu, STAIN Kendari melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (P3M) mendorong dosen di lingkungannya untuk melakukan penelitian kompetitif dengan menyiapkan anggaran Rp. 720 juta tahun 2013.

Anggaran penelitian dosen tersebut, bersumber dari DIPA STAIN Kendari yang disalurkan untuk membiayai penelitian dosen secara mandiri, bukan penelitian yang dilakukan secara berkelompok. Ada dua tema besar yang menjadi prioritas P3M, tema pertama penelitian yang mengarah pada disiplin keilmuan yang ada di STAIN, disesuaikan disiplin ilmu dosen dari program studinya masing-masing. Tema kedua adalah penelitian yang berkaitan dengan pengabdian kepada masyarakat.

Sekteraris P3M Dr. Laode Abdul Wahab menyebutkan ada 60 judul yang dinyatakan lolos untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang masalah yang berkaitan dengan tema yang mereka berikan "Jadi kami memberikan dana penelitian sebesar Rp. 12 juta untuk setiap judul penelitian yang diusulkan oleh dosen secara mandiri, sehingga totalnya sebesar Rp. 720 juta. Untuk tema kedua yang membahas tentang pemberdayaan segi sosial budaya sebagai upaya STAIN Kendari mengkaji sosial budaya masyarakat Sultra sehingga ada kombinasi antara budaya lokal yang berkembang dalam masyarakat dengan prespektif pemikiran keagamaan," ungkapnya.

Related Post