Ada Drone di Expo Kreatifitas Mahasiswa IAIN Kendari

Lily Ulfia, SE 22-04-2017 (12:55:52) Berita 950 times
Kendari, Humas – Institut Agama Islam Negeri Kendari menggelar Expo Kreatifitas dan Inovasi Mahasiswa yang diikuti seluruh Program Studi baik Program Sarjana maupun Pascasarjana. Expo yang merupakan rangkaian kegiatan Milad Emas IAIN Kendari tersebut berlangsung selama empat hari, 22 – 25 April 2017 di pelataran parkir kampus.

Rektor IAIN Kendari, Nur Alim bersama ketua Dharma Wanita Persatuan Hadi Mahmud melakukan pengguntingan pita, menandai dimulainya kegiatan yang baru pertama kalinya digelar di Kampus biru ini. Dalam sambutannya, Rektor mengapresiasi seluruh mahasiswa yang telah memanfaatkan arena expo dengan baik dan menciptakan karya-karya spektakuler sebagai diseminasi dari teori dan pengalaman praktek yang mereka peroleh dibawah bimbingan para dosen.
“Saya berterimakasih kepada anak-anakku sekalian yang antusias melebihi ekspektasi kami, insya Allah kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan”, ungkap Rektor.

Salah satu karya menarik adalah drone hasil rakitan mahasiswa Prodi Tadris Matematika dan Fisika. Drone tersebut telah diuji coba dan mampu terbang dengan daya jelajah sejauh 2,1 kilometer pada ketinggian 200 meter. Bahan rangka menggunakan batang aluminium yang dihubungkan dengan tenaga baterai 5400mAh ke papan PCB. Untuk menerbangkan drone ini, digunakan Flight Control tipe multiwi. Menurut Dosen pembimbing, Dedy Erianto, karya seperti ini sangat baik jika terus dikembangkan sebagai penerapan dari matematika terapan dan ilmu fisika.

Tak mau kalah dengan mahasiswa prodi Exacta, mahasiswa prodi Ekonomi Syariah juga membuat terobosan dengan mengolah kacang mete menjadi produk minuman sehat. Prodi lainnya juga mengerahkan seluruh kreatifitasnya untuk mengisi stand pameran yang ada baik berupa handy craft maupun memamerkan keunggulan lainnya dari prodi masing-masing.

Salah seorang pengunjung yang merupakan alumni IAIN Kendari tahun 2007, Marhamah, mengacungi jempol terhadap perkembangan IAIN Kendari. Selain dari fasilitas yang lebih modern dan lengkap, menurutnya IAIN Kendari telah berubah menjadi sebuah kampus masa depan bagi generasi cerdas dan kreatif yang siap pakai di dunia kerja. “Saya salut terhadap upaya pimpinan dan dosen yang terus berupaya menjadi lebih baik dan membuka ruang kreatifitas bagi mahasiswa” katanya.

Koordinator Panitia Penyelenggara Milad Emas IAIN Kendari Bidang Skill Exellence, Siti Kuraedah mengatakan, selain kegiatan pameran, Expo juga diisi dengan kegiatan pentas seni sebagai sarana untuk mengembangkan bakat dan minat mahasiswa di bidang seni. "Event ini turut menjadi bagian dari sosialisasi kepada masyarakat agar mengenal lebih dekat keunggulan IAIN Kendari", pungkasnya. (liv)

Related Post