4 Alasan Penting Mahasiswa IAIN Kendari Unggul dari Kampus Lain, Pemahaman Agama yang Moderat

Novi Rahmilia 08-09-2023 (09:34:57) Berita 640 times
Kendari, Humas - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari adalah sebuah institusi pendidikan berbentuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang terletak di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

IAIN Kendari berdiri pada 2014 yang saat ini dipimpin rektor humanis bernama Dr. Husain Insawan, M.Ag. Walaupun terbilang baru sebagai Rektor, namun pria 4 orang anak ini sudah membawa IAIN Kendari meraih penghargaan paling iconic pada 21 Agustus 2023 dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas rekor pantun moderasi beragama terbanyak melalui aplikasi TikTok. 

Lalu apa keunggulan IAIN Kendari dibanding kampus lain? Berikut ulasannya. 

1. Mendalami Ilmu Agama Islam

Salah satu poin paling penting yang menjadi kelebihan kampus Islam tentu saja adalah materi perkuliahan yang didapatkan. Di kampus Islam mahasiswa akan banyak mendalami ilmu agama Islam dari berbagai kuliah yang diikuti. Dengan begitu, lulusannya tidak hanya kaya dengan disiplin ilmunya, tetapi juga tentang ilmu keislamannya.

"Karena saya termotivasi untuk mendalami pelajaran agama di IAIN Kendari," kata Mahasiswa Fakultas Tarbiyah, Sri Wulandari. 

2. Lingkungan yang Sopan dan Santun

Adab dan budaya kampus yang berpegang pada agama Islam membuat lingkungan serta para mahasiswa dan dosennya selalu berlaku sopan dan santun. Ini akan membuat suasana lebih nyaman selama di lingkungan kampus. Kebiasaan tersebut akan terbawa walaupun sudah tidak aktif berada di kampus lagi.

"Suasana kampus IAIN Kendari merubah karakter diriku, sekarang saya lebih membatasi diri berteman dengan pria," tutur Anna Rahmatia Mahasiswa Fakultas Tarbiyah. 

3. Memiliki Pemahaman Agama yang Moderat

Ketika lulus dari kampus Islam, dirinya bukan hanya menjadi seorang yang memiliki ilmu pengetahuan akademik, namun juga ilmu pengetahuan agama yang moderat. 

"Budaya dan kajian agama yang moderat membuat kita lebih terbentuk. Cirinya bisa dilihat dari diri saya sendiri yang memiliki sikap toleransi, menerima kearifan lokal, dan anti kekerasan," ucap Aby Eksal Pratama, Alumni FTIK

4. Berperan Serta Membangun Agama Islam

Dengan mempelajari lebih dalam mengenai agama Islam di kampus Islam, secara tidak langsung dirinya juga sudah berperan dalam membangun dan memajukan agama Islam.

Hal-hal diatas adalah beberapa keuntungan dari lulusan yang berkuliah di kampus berbasis Islam. Tidak hanya dalam bidang keilmuan saja, akhlak pun akan dicetak sedemikian rupa sehingga nanti pada saat lulus akan menjadi pribadi yang profesional dan berakhlak mulia.

"Dua keunggulan selain fokus di program studi yang kita ambil. Kita juga lebih unggul tentang agama," tutur Mahasiswa FEBI, Nandah. 


Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim
Editor : Lily Ulfia