289 Calon Penerima beasiswa KIP Kuliah IAIN Kendari Ikuti Tes Wawancara

Novi Rahmilia 13-09-2022 (14:25:33) Berita 235 times
Kendari, Humas – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari mengadakan tes wawancara bagi 289 mahasiswa calon penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Tahun 2022 di Auditorium IAIN Kendari, Selasa (13/9/2022).

Wakil Rektor III, Dr. H. Herman, M.Pd mengatakan jumlah pendaftar beasiswa KIP Kuliah pada tahun ini mencapai 548 orang namun yang lolos seleksi administrasi dan berhak ikut tes wawancara hanya 289 orang.

“Dari jumlah total tersebut, IAIN Kendari akan menerima sebanyak 125 mahasiswa penerima KIP Kuliah tahun 2022 sesuai dengan kuota yang diberikan oleh pemerintah pusat. Jumlah tersebut bertambah jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya 116 orang,” ucapnya.

Proses seleksi administrasi dan wawancara dilakukan untuk memastikan bahwa mahasiswa yang mengajukan permohonan beasiswa KIP Kuliah telah memenuhi syarat sesuai dengan yang tertera pada Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor 6742 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Program KIP pada PTKIN Tahun 2022.

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd. saat memberikan arahan kepada para calon penerima KIP Kuliah mengungkapkan bahwa KIP Kuliah merupakan implementasi dari UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang telah mengamanatkan kepada pemerintah untuk mewujudkan keterjangkauan dan pemerataan yang berkeadilan dalam memperoleh pendidikan tinggi yang bermutu dan relevan dengan kepentingan masyarakat bagi kemajuan, kemandirian, dan kesejahteraan. Pemerintah berkewajiban meningkatkan akses dan kesempatan belajar di Perguruan Tinggi serta menyiapkan manusia Indonesia yang cerdas dan kompetitif.

‘’Bagi yang lolos seleksi nantinya diharapkan untuk menjadi penerima KIP sebagaimana yang dipersyaratkan. Selalu menjaga adab, berakhlakul karimah, bersikap moderat, memiliki kompetensi dan prestasi baik dibidang akademik maupun non akademik,” ucapnya.

Sebelum mengakhiri arahan, Rektor mengingatkan kepada seluruh peserta agar tetap optimis dan tidak merasa kecewa jika nantinya dinyatakan tidak lolos seleksi sebab masih banyak jenis beasiswa lainnya yang disiapkan oleh IAIN Kendari.

Peserta seleksi diuji terkait wawasan kebangsaan, wawasan keislaman, wawasan akademik dan kemampuan baca tulis Alqur’an. Interviewer terdiri dari Rektor, Wakil Rektor, Ketua Senat, Dekan Fakultas dan Ketua Lembaga. 

Setelah pelaksanaan seleksi wawancara, panitia merekapitulasi nilai untuk menentukan mahasiswa yang berhak lolos dan memiliki hak menerima bantuan beasiswa KIP Kuliah selama 8 semester dengan jumlah beasiswa sebesar Rp 13,2 juta per tahun. Pengumuman penerima KIP Kuliah Tahun 2022 akan disampaikan pada 15 September  mendatang.

Penulis : Novi Rahmilia
Editor : Lily Ulvia