IAIN Kendari Tingkatkan Wawasan Kebangsaan Mahasiswa Penerima KIP Kuliah

Lily Ulfia, SE 30-10-2021 (16:25:22) Berita 243 times
Kendari, Humas – IAIN Kendari menyelenggarakan Workshop Peningkatan Wawasan Kebangsaan bagi 175 mahasiswa penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah IAIN Kendari Tahun 2020 di Auditorium, Sabtu (30/10/2021). Kegiatan ini menjadi salah satu upaya bagi kampus dalam meningkatkan pemahaman tentang nilai-nilai kebangsaan sebagai modal awal dalam menanamkan sikap bela negara dan cinta tanah air. 

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd saat membuka kegiatan mengingatkan kepada seluruh mahasiswa penerima KIP kuliah untuk senantiasa menerapkan sikap toleran, moderat dan menghargai perbedaan yang merupakan sebuah keniscayaan di tengah masyarakat yang beragam baik suku, agama, adat istiadat dan budaya.

“Kalian merupakan para generasi penerus bangsa, calon pemimpin dimasa mendatang sehingga  perlu untuk mengetahui dan memikirkan bagaimana agar pilar agama Islam dan nilai-nilai kebangsaan dapat bersinergi demi kemajuan bangsa dan negara,” kata Rektor.

Sinergitas antara pemahaman ilmu agama dan wawasan mengenai nilai-nilai kebangsaan sangat diperlukan untuk mempertahankan keutuhan bangsa dari ancaman perpecahan yang datang dari berbagai gerakan. Di era digitalisasi, informasi positif maupun negatif sangat mudah diakses sehingga banyak kaum muda yang mulai lupa bahkan tidak lagi peduli dengan nilai-nilai kebangsaan. Selain itu, maraknya konten-konten di media sosial yang bertentangan dengan jati diri bangsa Indonesia dapat merusak ciri bangsa yang berakhlak dan berbudaya.

Sementara itu Kepala Bagian AKMA, Amin Nasir, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat membentuk karakter mahasiswa yang cinta terhadap bangsa dan negara.

"Kegiatan ini diharapkan dapat mengoptimalkan pengembangan dan pelaksanaan nilai kebangsaan khususnya bagi mahasiswa guna pemberdayaan dan penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara, berlandaskan nilai Pancasila, Undang-undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal lka, dan NKRI," paparnya.

Narasumber dalam kegiatan ini antara lain,  Ketua FKPT Provinsi Sulawesi Tenggara Drs. K.H. Muslim, Kasubdit Binpolmas Polda Sultra  AKBP Dr. Sutadi, M.Pd., dan Ketua PGRI Provinsi Sulawesi Tenggara Abdul Halim Momo, S.Ag., M.Pd.

Penulis : Novi Rahmilia
Editor : Lily Ulfia
 

 

Foto Publikasi

  • Lily Ulfia, SE 01-11-2021 (16:37:05)
  • Lily Ulfia, SE 01-11-2021 (16:37:11)
  • Lily Ulfia, SE 01-11-2021 (16:37:19)
  • Lily Ulfia, SE 01-11-2021 (16:37:32)