Unhan Gelar Webinar Soal Strategi Pertahanan Negara, Rektor Didaulat Jadi Narasumber

Lily Ulfia, SE 04-06-2020 (14:45:55) Berita 166 times

Kendari, Humas – Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd didaulat menjadi narasumber pada Webinar yang digelar oleh Universitas Pertahanan (Unhan) melalui aplikasi Video Conference CloudX, Rabu 3 Juni 2020. Pada Webinar ini Unhan mengangkat topik terkait Strategi Pertahanan Negara di Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Selain Rektor, kegiatan ini juga menghadirkan Gubernur Sulawesi Tenggara yang diwakili oleh Asisten II  Provinsi Sulawesi Tenggara Drs. Suharno, M.Tp, Kadisminpersal Laksma TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP, dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Halu Oleo, Dr. Herman, S.H., LLM., yang dipandu oleh moderator Dosen Fakultas Strategi Pertahanan Unhan Letkol Czi Dr. Safril Hidayat, PSC, MSc.

Kegiatan Webinar dibuka oleh Rektor Universitas Pertahanan Laksamana Madya TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc.,DESD, yang diwakili oleh Wakil Dekan FSP Laksamana Pertama TNI Purwanto., S.E., M.M., M.Si, (Han), membuka kegiatan dalam Webinar ini

Dalam sambutannya, Rektor Unhan menguraikan hasil penelitian sejumlah mahasiswa Program Pascasarjana UNHAN saat  melaksanakan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) selama 8 hari dari tanggal 23 Februari s.d 1 Maret 2020 di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Rektor Unhan berharap kajian seminar ini dapat merumuskan langkah-langkah strategis demi pengembangan ilmu pertahanan melalui perspektif membangun sinergitas penyelenggaraan pertahanan negara dan pemberdayaan pertahanan nirmiliter melalui peran pemerintah daerah (Pemda) sebagai unsur utama dalam menghadapi ancaman nirmiliter sesuai bentuk dan sifat ancaman.

Salah satu hasil penelitian yang dipaparkan oleh mahasiswa Prodi Peperangan Asimetris (PA) Ferga Abi Nurmansyah membahas mengenai Dinamika Radikalisme di Sulawesi Tenggara Dalam Perspektif Peperangan Asimetris. Penelitian ini membahas beberapa hal mengenai Dinamika Radikalisme, strategi Pemerintah dalam menghadapi radikalisme dan perspektif Peperangan Asimetris terhadap Dinamika Radikalisme di Sulawesi Tenggara.

Kegiatan seminar ini kembangkan dengan tanggapan dari para narasumber atas hasil penelitan selama KKDN dari mahasiswa Fakultas Strategi Pertahanan diwilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan peserta seminar yang dijawab langsung oleh narasumber.

Kegiatan seminar yang dilaksanakan secara online video confrence ini diikuti oleh pejabat Eselon I, II, III dan IV serta Dosen dan Sivitas akademika mahasiswa Unhan.

Sumber : www.idu.ac.id
Ediotor  : Lily Ulfia

Related Post