LPPM Siapkan Paket Data Bagi Peserta KKN

Lily Ulfia, SE 06-07-2020 (15:47:57) Berita 81 times
Kendari, Humas - Untuk menunjang kelancaran pelaksanaan KKN, LPPM telah menganggarkan pembelian paket data bagi seluruh peserta KKN. Masing-masing mahasiswa akan diberikan pake data sebesar 30 giga yang akan digunakan selama dua bulan.

Ketua Panitia sekaligus Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat Dr. Abdul gaffar, M.Th.I mengatakan pemberian paket data ini sebagai bentuk dukungan kepada mahasiswa agar dapat menjalankan KKN tanpa dibebani dengan biaya pembelian paket

“Kami sudah menghitung prediksi kebutuhan paket data mahasiswa selama proses pelaksanaan kegiatan ini. Dengan intensitas lalu lintas komunikasi, koordinasi dan pelaporan yang cukup tinggi maka kami akan memberikan paket data sebesar 15 giga perbulan. Kami sedang memproses pendistribusian paketnya, mudah-mudan bisa secepatnya dimanfaatkan,” jelasnya.

Secara lebih teknis dia memaparkan, kegiatan KKN yang berbasis dalam jaringan atau online dapat dilakukan secara individu maupun kelompok. Kegiatan ini dapat dipublikasikan melalui platform digital dan disebarkan secara luas di wilayah domisili peserta.

Jenis-jenis kegiatan yang dianjurkan antara lain membuat konten edukatif berisi kampanye pencegahan covid atau berisi konten edukasi bagi pelajar serta merancang aplikasi yang memudahkan masyarakat mengakses informasi demi pengembangan desa/kelurahan setempat.

Hal sama juga berlaku bagi peserta yang melaksanakan KKN dalam bentuk luar jaringan. Mereka diperbolehkan melaksanakan kegiatan pengabdian serupa dengan bertemu masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan. Peserta diharapkan dapat melakukan kegiatan pengabdian bermuatan sosial keagamaan, kesehatan maupun ekonomi.

Sedangkan untuk KKN berbasis Riset, peserta diarahkan untuk melahirkan produk karya tulis ilmiah berupa buku maupun artikel ilmiah di bawah arahan para dosen pembimbing yang telah ditunjuk berdasarkan program studinya.

Sebagai langkah persiapan KKN-DR, panitia telah melaksanakan kegiatan pembekalan bagi para peserta dan pembimbing selama tiga hari dimulai sejak Jum’at 3 Juli 2020. Pembekalan ini menjelaskan hal-hal teknis terkait pelaksanaan KKN tahun 2020 mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan. Pelaksanaan KKN DR akan berakhir pada Agustus mendatang, sebelum kegiatan perkuliahan semester ganjil dimulai. (liv)

Related Post