Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kendari Gelar Goes to School, Berbagi Ilmu Dibulan Ramadhan

Novi Rahmilia 20-04-2022 (12:36:19) Berita 308 times
Kendari, Humas – Ma’had Al Jami’ah IAIN Kendari menggelar kegiatan goes to school di sepuluh MA/SMA lingkup kota Kendari, Konawe dan Kolaka Timur. Kegiatan tahunan ini digelar selama tiga hari, 15-17 April 2022. Kepala UPT Ma’had Al Jami’ah IAIN Kendari, Dr. H. Hasdin Has, Lc., M.Th.I mengatakan kegiatan ini merupakan wujud kepedulian mahasantri terhadap peningkatan keterampilan sosial keagamaan siswa di Sulawesi Tenggara.

Sebanyak 100 mahasantri terlibat dalam kegiatan kunjungan ke madrasah dan sekolah ini. Madrasah yang telah dikunjungi antara lain MA Pesantren Al-Bukhari Wesalo Kolaka Timur, MA Pondok Pesantren Al- Muhajirin Pondidaha Konawe dan MA Pondok Pesantren An Nur Az Zubaidi Konawe

 “Pada tahun 2021 lalu kami telah berkunjung ke tiga madrasah di Sultra. Tahun ini kami merencanakan menambah jumlah tersebut dengan menyasar sepuluh sekolah atau madrasah agar lebih banyak lagi yang bisa memperoleh manfaat dari program ini,” ucapnya.

Kegiatan yang mengusung tema “Sharing Pengalaman dan Ilmu” ini menjadi momentum bagi para mahasantri untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama berada di Ma’had IAIN Kendari.

“Mahasantri yang terpilih telah dibekali ilmu pengetahuan yang cukup sehingga diharapkan mampu memberikan sumbangsih pengetahuan bagi sekolah maupun madrasah yang dikunjungi, baik dari segi ilmu pengetahuan umum maupun agama,” tambahnya.

Kegiatan yang digelar antara lain pelatihan penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI), Public Speaking, Kaligrafi, Tahsinul Qur’an dan Tilawah yang dimentori oleh para mahasantri yang telah mumpuni dibidang tersebut.

Momen berbagi ilmu yang bertepatan dengan bulan suci ramadhan ini diharapkan mampu mempererat silaturahmi antara  mahasantri dan siswa. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan skill dan kompetensi para siswa serta sebagai sarana dalam mensosialisasikan kampus IAIN Kendari.

Kepala Ponpes An Nur Az Zubaidi H. Muhammad Imron, M.Pd mengucapkan terima kasih atas kunjungan mahasantri Ma’had  IAIN Kendari.

“Ini merupakan kunjungan pertama mahasantri IAIN Kendari di Ponpes kami dan telah memberikan kesan yang sangat baik bagi para pengajar dan siswa. siswa merasa senang dan memperoleh imu yang bermanfaat bagi pengembangan skill dan kompetensi mereka,” ungkapnya.

Penulis : Novi Rahmilia
Editor : Lily Ulvia