Profil IAIN Kendari

15-04-2015 (04:13:46) Profil Web 4580 times
IAIN Kendari merupakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Satu-satunya di Bumi Anoa, Sulawesi Tenggara. Terletak di kawasan strategis di timur kota Kendari, tepatnya di Kelurahan Baruga, Kecamatan Baruga. Kampus IAIN Kendari dibangun diatas tanah seluas 8 Ha di perbatasan wilayah administratif kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan. IAIN Kendari resmi berdiri pada tanggal 17 Oktober 2014 berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 145 Tahun 2014 tentang perubahan STAIN Kendari menjadi IAIN Kendari.

Sejarah berdirinya IAIN Kendari dimulai dari terbentuknya Fakultas Tarbiyah Filial IAIN Alauddin Makassar di Kendari pada tahun 1967. Selanjutnya, atas dukungan dari Gubernur Sulawesi Tenggara kala itu, yaitu Edi Sabara beserta tokoh masyarakat Sultra, Fakultas Filial IAIN Alauddin Makassar akhirnya berubah status Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kendari yang berdiri secara otonom pada tanggal 21 Maret 1997.

Selama kurun waktu 17 tahun, IAIN Kendari telah mengalami pergantian pimpinan sebanyak 7 kali, yaitu:
  • Drs. M.Syuaib Mallombasi (1997–2001)
  • Drs. H. Laode Kaimoeddin (2001–2002)
  • Drs. H.M. Ishaq, M. Ag. (2002–2005)
  • H. Arief Furqan, MA., Ph.D (2005)
  • Drs. M. Daming K, M.Ag (2005–2007)
  • Prof. Dr. H. Ahmad M. Sewang, MA (2007–2009)
  • Dr. H. Nur Alim, M.Pd. (2009–2019)
Dr. H. Nur Alim menjadi pejabat Ketua STAIN yang mengakhiri perjalanan sejarah STAIN dan membawa sejarah baru dengan peningkatan status kelembagaan menjadi IAIN Kendari pada tahun 2014. Dr. H. Nur Alim dilantik menjadi Rektor IAIN Kendari oleh Menteri Agama RI pada tanggal 4 Maret 2015 di Jakarta.

Usai pelantikan rektor, struktur organisasi IAIN Kendari secara keseluruhan berubah mengikuti struktur baru sesuai PMA No. 9 tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja, antara lain dengan dilantiknya tiga orang wakil rektor, dekan, direktur pascasarjana, dan Kepala Biro AUAK.

IAIN Kendari, hadir dengan visi menjadi Pusat kajian Islam Transdisipliner di kawasan Asia pada tahun 2045, kampus ini mereduksi dikotomi ilmu pengetahuan umum dan keagamaan. Melalui visi ini, IAIN Kendari membangun komitmen dan mengambil peran dalam pembangunan sumber daya manusia yang paripurna, menguasai ilmu pengetahuan bidang sains, sosial dan humaniora sekaligus diperkaya dengan penguasaan wawasan keagamaan. Sedangkan misi dari kampus biru ini adalah menghasilkan sarjana yang yang memahami ilmu-ilmu keislaman secara transdisipliner. 

Selama kurun waktu 4 beralih status menjadi IAIN, dibawah kepemimpinan Dr. H. Nur Alim, M.Pd, IAIN Kendari telah melakukan berbagai akselerasi dalam rangka meningkatkan mutu kelembagaan. Peningkatan mutu ini bertujuan mencapai standar penyelenggaraan pendidikan tinggi pada empat Fakultas Program Sarjana dan Program Pascasarjana.

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN, Prodi :
  1. Pendidikan Agama Islam (S.Pd.I)
  2. Manajemen Pendidikan Islam (S.Pd.I)
  3. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah/SD (S.Pd.I)
  4. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal/TK (S.Pd.I)
  5. Pendidikan Bahasa Arab (S.Pd.I)
  6. Tadris Bahasa Inggris (S.Pd.I)
  7. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (S.Pd.I)
  8. Tadris Biologi (S.Pd.I)
  9. Tadris Fisika (S.Pd.I)
 FAKULTAS SYARIAH, Prodi :
  1. Hukum Keluarga/Ahwal Al-Asyakhsiyyah (S.Sy)
  2. Hukum Ekonomi Syariah/Muamalah (S.Sy)
  3. Hukum Tata Negara/Siyasah (S.Sy)
 FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB DAN DAKWAH, Prodi :
  1. Komunikasi & Penyiaran Islam (S.Kom.I)
  2. Bimbingan & Konseling Islam (S.Kom.I)
  3. Manajemen Dakwah (S.Kom.I)
  4. Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (S.Ud)
 FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM, Prodi :
  1. Ekonomi Syariah (SE. Sy)
  2. Perbankan Syariah (SE. Sy)
 
Sedangkan pada Program Pascasarjana, IAIN Kendari telah membuka empat Program studi yaitu :
  1. Magister Manajemen Pendidikan Islam
  2. Magister Pendidikan Agama Islam
  3. Magister Hukum Islam
  4. Magister Ekonomi Islam
Jaminan mutu dalam penyelenggaraan layanan pendidikan dimulai dari upaya pemenuhan fasilitas yang modern dan memadai, nyaman, memudahkan mahasiswa mengembangkan minat dan bangkat, soft skill, kemampuan bahasa asing, wawasan global, dan penguasaan Teknologi informasi, agar terbangun budaya akademik yang berfokus pada kompetisi prestasi dan profesionalisme.

Fasilitas tersebut antara lain perpustakaan yang dilengkapi dengan koleksi buku lebih dari 38.000 buku dari berbagai disiplin ilmu sebagai referensi bagi mahasiswa. Laboratorium Sains dengan berbagai peralatan praktikum yang canggih dan modern, Laboratorium  bahasa yang dilengkapi dengan fasilitas modern sehingga memudahkan mahasiswa untuk mempelajari bahasa asing. Laboratorium Komputer dilengkapi. Laboratorium Bradcasting yang mengasah minat dan baka mahasiswa bidang penyiaran radio khususnya bagi mahasiswa jurusan Komunikasi Penyiaran Islam. Laboratorium Hukum, Laboratorium Perbankan Syariah, Laboratorium Peradilan Semu, Gedung Serbaguna, Gedung Olah Raga dan Ruang kuliah yang nyaman dengan fasilitas pembelajaran yang dilengkapi jaringan internet dan didukung dengan lingkungan yang asri dan kondusif.

Kini IAIN Kendari tengah membangun fasilitas Gedung Kuliah terpadu tahap akhir melalui pendanaan SBSN tahun 2018. Selain itu, IAIN Kendari juga berencana memperluas areal kampus dengan menyiapkan lahan baru yang ditargetkan seluas 50 hektar di Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan.
Kampus ini telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri. Diantaranya dengan Universitas Necmettin Erbakan di Turki dan sejumlah Universitas di Malaysia. Sedangkan di dalam negeri, IAIN Kendari bekerjasama dengan Kementerian Sosial dalam pengembangan Desa Mandiri Sejahtera di Kabupaten Konawe Selatan.
 
Kerjasama juga dibangun untuk meningkatkan jumlah penerima manfaat beasiswa diantaranya bekerjasama dengan Bank Indonesia melalui Pemberian Beasiswa Generasi Baru Indonesia, serta sejumlah Pemerintah Kabupaten dalam program satu desa satu sarjana antara lain Kolaka Timur, Kolaka, dan Buton Utara. Yang terbaru, IAIN Kendari bekerjasama dengan RELO, sebuah Lembaga dibawah Departemen luar negeri amerika serikat dengan menghadirkan dosen tamu yang bertugas selama 10 bulan di  IAIN Kendari.
 
IAIN Kendari juga menyelenggarakan berbagai program dan kegiatan dalam rangka membangun iklim akademik yang baik serta mengembangkan keilmuan dosen dan mahasiswa melalui kegiatan seminar nasional, konferensi internasional, peningkatan kemampuan bahasa asing, serta penguasaan komputer dan sistem informasi teknologi. Peningkatan kapasitas SDM juga dilakukan melalui sharing knowledge dengan menghadirkan para pakar diantaranya dari Tohoku University Jepang, Prof. Peter John Wanner, dan sejumlah Guru Besar dari Universitas terkemuka Jepang.
 
Melalui pemenuhan fasilitas, peningkatan mutu layanan, dan program kerjasama kelembagaan tersebut, kepercayaan masyarakat terhadap institusi ini menunjukkan Progress yang lebih baik ditandai dengan meningkatnya animo masyarakat terhadap IAIN Kendari. Tahun ini, jumlah mahasiswa baru meningkat hingga 200 persen dibandingkan saat masih berstatus STAIN Kendari. Tahun ini, IAIN Kendari menerima sebanyak 1.315 orang mahasiswa baru yang berasal dari Sulawesi Tenggara maupun dari sejumlah provinsi lainnya antara lain Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Ternate, Maluku.

Dengan kehadiran mereka jumlah mahasiswa IAIN Kendari secara keseluruhan mencapai 4500 orang. 10 orang diantaranya merupakan mahasiswa asing asal Thailand. Kehadiran mereka tidak terlepas dari pengakuan masyarakat Pattani terhadap peserta KKN Terintegrasi di Thailand pada tahun 2015 silam.
Selama empat tahun terakhir, sejumlah mahasiswa IAIN Kendari menorehkan tinta emas dengan mengukir prestasi di berbagai kompetisi akademik maupun non akademik. Pada bidang akademik, sejumlah mahasiswa telah mengikuti konferensi internasional antara lain di Ambon dan Makassar.

Selain itu, baik mahasiswa maupun dosen terus menorehkan prestasi yang membanggakan antara lain Juara 1 Public Speaking tingkat Perguruan Tinggi se Indonesia Timur, Juara I Miss Hijab Sulawesi Tenggara, Juara II Putra Putri Pendidikan Indonesia Sulawesi Tenggaea, Juara I Lomba PCTA Kemenhan RI, Juara II MTQ PIONIR PTKIN Se Indonesia dan masih banyak prestasi lainnya.
 
Pada bidang pengabdian masyarakat, IAIN Kendari telah menyusun program Kuliah Kerja Nyata Tematik yang berhasil menciptakan Sekolah PAUD di Kabupaten Kolaka Timur dan Kabupaten Muna.
 
IAIN Kendari terus melanjutkan program yang akan menghasilkan Sumber Daya Manusia berkualitas dan unggul di Sulawesi Tenggara. Kontribusi IAIN Kendari terhadap pembangunan SDM terus ditingkatkan dengan menghasilkan alumni yang mapan secara intelektual, kreatif, inovatif, memiliki hard skill dan soft skill yang dibutuhkan dunia kerja dan masyarakat pada umumnya.

 
Saat ini, alumni IAIN Kendari telah terserap di berbagai bidang pekerjaan baik di Institusi pemerintahan maupun swasta. Mereka berkiprah di dunia politik, dunia hukum, pendidikan, jurnalis maupun profesi bergengsi lainnya. Ini membuktikan, IAIN Kendari tidak saja mencetak generasi muballigh, tetapi juga kalangan profesional dengan nilai tambah penguasaan ilmu agama yang baik menjadikan mereka pribadi yang religius, amanah, ulet, terampil, menguasai bahasa asing kreatif dan produktif sesuai tuntutan dunia kerja. 
 
Kini IAIN Kendari tengah menyiapkan diri untuk menjadi salah satu perguruan tinggi yang patut diperhitungkan di Sulawesi Tenggara dengan menonjolkan distingsi yaitu pengembangan kajian Islam trandisipliner yang memadukan wawasan keislaman ke dalam ilmu-ilmu sains, social dan humaniora. IAIN Kendari juga memiliki mimpi besar menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) yang akan digapai diiringi semangat kerja keras dan kerja cerdas demi meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi masyarakat.

Related Post