Pemberdayaan Professional Learning Community, Solusi Memperkuat Kompetensi SDM Pendidik

Lily Ulfia, SE 18-11-2019 (17:48:04) Berita 296 times

Kendari, Humas – Lembaga pendidikan tinggi memiliki kesadaran terhadap pemenuhan standar mutu pendidik baik kualifikasi akademiknya maupun kompetensi lainnya.

Berangkat atas kesadaran tersebut, Program Pascasarjana IAIN Kendari berinisiatif melaksanakan kuliah tamu bagi mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam dengan tema Kontribusi Professioanl Learning Community dalam Meningkatkan Kompetensi SDM di Era 4.0. Kuliah tamu yang digelar di Aula Pascarsajana IAIN Kendari, Senin (18/11/19) itu diikuti ratusan mahasiswa.

Direktur Pascasarjana IAIN Kendari, Dr. Laode Abdul Wahab, M.Pd mengatakan, kuliah tamu menjadi salah satu upaya membangun wawasan mahasiswa tentang pentingnya perbaikan mutu melalui peningkatan intelektualitas dan keterampilan.

“Kita menargetkan, mahasiswa yang akan menjadi calon pendidik maupun mereka yang saat ini sudah berprofesi sebagai pendidik dapat menjalankan tugasnya dengan baik, fleksibel dan adaptif terhadap perkembangan teknologi. Salah satu caranya adalah dengan aktif dalam program Professional Learning Community (PLC) atau Komunitas pembelajar profesional,” jelasnya

Komunitas pembelajar profesional adalah komunitas profesional bidang pendidikan seperti dosen, staf, dan pimpinan lembaga yang berkomitmen untuk berkolaborasi dalam suatu proses pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Komunitas ini memiliki pandangan, gagasan, harapan, dan tujuan yang sama dalam membangun kualitas pendidikan.

Kuliah tamu pascasarjana menghadirkan pemateri Ketua Komisi Jaminan Mutu Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. H. Badrudin, M.Ag. yang juga tergabung dalam organisasi perkumpulan manajer pendidikan Islam Indonesia..

Dia mengungkapkan, Revolusi Industri 4.0 saat ini ditandai dengan Digitalisasi pada hampir semua aspek kehidupan manusia termasuk dalam proses pembelajaran.

“Untuk menghadapi era tersebut harus dilakukan literasi data digital, literasi teknologi dan literasi kemanusiaan. Kita memerluka inovasi, Networking dan kolaborasi antar lembaga dan individu melalui pola Profesional learning community (PLC). Melalui komunitas ini, ide dan gagasan para stakeholder pendidikan akan dibahas secara komprehensif demi mencapai standar mutu pendidikan,” jelasnya

sementara itu, Ketua Prodi Manajemen Pendidikan Islam Dr. Akib M.Pd mengatakan, tema kuliah tamu kali ini diangkat sebagai jawaban terhadap tantangan SDM pendidikan di era industri 4.0.

“Melalui pola Professional Learning Community diharapkan mahasiswa mampu melakukan literasi baru dalam bentuk literasi data digital. Kedua literasi teknologi sebab metode pembelajaran harus menguasai teknologi sesuai dengan. Dan ketiga literasi manusia yang berkaitan elaborasi, kolaborasi dan networking yang memperkuat kompetensi SDM pendidi di era serba automasi seperti sekarang,” tutupnya.
 

Related Post