LPM IAIN Kendari Tingkatkan Mutu Pembelajaran Berbasis KKNI Melalui Workshop

Lily Ulfia, SE 12-10-2019 (15:35:08) Berita 123 times
Kendari, humas - Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Kendari menargetkan peningkatan mutu pembelajaran berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia atau KKNI. Sekretaris LPM, Isna Humaera mengatakan, mutu atau kualitas pembelajaran dapat diukur melalui kegiatan evaluasi pembelajaran. Hasil evaluasi mampu mengidentifikasi proses pembelajaran telah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang  ditetapkan dalam rencana pembelajaran semester.

“Kegiatan evaluasi merupakan hasil akhir dari proses pembelajaran. Untuk itu kami ingin meningkatkan kemampuan dosen dalam melakukan evaluasi pembelajaran sebagai tolak ukur keberhasilan proses pembeajaran. Kami melaksanakan workshop evaluasi pembelajaran berbasis KKNI  dengan harapan para dosen dapat mengidentikasi kekurangan dan kelebihan mulai dari proses penyusunan RPS sampai pada proses evaluasi belajar,”paparnya.

Kegatan workshop tersebut dilaksanakan selama dua hari, 12-13 oktober 2019 di aula mini perpustakaan IAIN Kendari. Sebanyak 30 orang dosen menjadi peserta dalam kegiatan ini. Mereka terdiri dari para ketua prodi dan dosen IAIN kendari.

Kegiatan ini dibuka oleh rektor IAIN kendari Prof. Faizah Binti Awad, M.Pd. Rektor sekaligus membawakan materi dalam kegiatan tersebut. Dia mengungkapkan bahwa kurikulum yang berbasis KKNI ini penting diterapkan karena bertujuan membentuk alumni yang memiliki kemampuan paripurna melalui internalisasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensiserta keahlian dalam bidang ilmunya.

“Keikutsertaan ketua prodi dalam kegiatan ini penting karena prodi merupakan dapur dari pengembangan kurikulum di institusi,” kata Rektor.

Kegiatan workshop ini mendatangkan dua pemateri yaitu Dr. Abdul Malik Karim, M.Pd.I yang merupakan Kepala Pusat Audit pada LPM UIN Malang dan Dr. Ramli, M.Pd, Dosen Universittas Haluoleo. (LIV/SHA)
 

Related Post