Kemenristek-BRIN Dukung Komersialisasi Karya Inovasi Mahasiswa IAIN Kendari

Lily Ulfia, SE 28-11-2019 (16:41:04) Berita 406 times
Kendari, Humas – IAIN Kendari berpartisipasi dalam kegiatan Pameran Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) dengan membuka Booth pada acara yang digelar oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Sulawesi Tenggara. Acara tersebut berlangsung di Gedung Olahraga Bahteramas selama tiga hari, 28-30 November 2019.

Direktur Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kemenristek dan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), M. Syahrial Annas ikut menghadiri kegiatan tahunan ini. Saat mengunjungi Booth IAIN Kendari, pejabat yang merupakan putra daerah Sultra itu memberikan dukungan kepada produk inovasi pangan mahasiswa IAIN Kendari.

Secara langsung dia menyampaikan kepada pihak penyelenggara kegiatan pameran yaitu Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Sultra untuk memfasilitasi hasil inovasi tersebut menjadi produk komersil.

Menurutnya, karya mahasiswa IAIN Kendari telah memenuhi tiga kriteria inovasi yaitu memiliki kebaruan, lebih memudahkan dan lebih murah dibandingkan dengan produk serupa.

"Kami mengapresiasi keikutsertaan IAIN Kendari pada kegiatan ini sebagai bukti kontribusi kampus terhadap pengembangan potensi daerah. Nanti kami akan mengundang IAIN Kendari untuk mengikuti pameran karya inovasi tingkat nasional agar produk inovasinya dikenal lebih luas oleh masyarakat,” ungkapnya.

Sebelumnya, pada kegiatan Seminar Iptek dan Inovasi yang digelar di Grand Claro Hotel Kendari (27/11/19) Syahrial juga menyampaikan bahwa karya inovasi akan berkembang apabila Pemda menjadi konsumen produk tersebut dengan cara memanfaatkannya sebagai penganan untuk peserta kegiatan atau ikut mempromosikan sebagai oleh-oleh khas daerah.

Sementara itu, Kepala Balitbangda Sultra Kepala, Dr. Sukamto Toding menyampaikan apresiasinya terhadap Perguruan Tinggi yang ikut serta dalam pameran karya inovasi. Keikutsertaan ini sebagai bagian dari upaya menyukseskan visi Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, SH dalam bidang pendidikan dan inovasi.

Saat ini Pemprov Sultra tengah membangun mega proyek Modern Library yang akan menjadi pusat literasi bagi masyarakat. Lokasi gedung ini berdampingan dengan Gedung Olah Raga Bahteramas.

“Saya mengutip pernyataan Gubernur bahwa keunggulan peradaban suatu bangsa dimulai dari kegemaran membaca dan kecintaan menggunakan perpustakaan sebagai pusat ilmu dan inovasi. Selain perpustakaan, institusi pendidikan tinggi juga berkontribusi besar dalam pengembangan Iptek dan Inovasi di daerah kita. Produk inovasi yang dipamerkan dalam kegiatan pameran menjadi gambaran pencapaian kampus pada bidang iptek dan inovasi ini,” paparnya

Pada kegiatan Hakteknas, IAIN Kendari memamerkan sejumlah produk hasil karya inovasi mahasiswa seperti Keripik dari Cangkang Kepiting, Abon berbahan limbah Kepala Udang, Keripik Labu, Keripik Buah Naga, dan Keripik Kerang Khas Sultra yaitu Pokea. Pada umumnya karya inovasi pangan merupakan bimbingan dari dosen mata kuliah kewirausahaan Leni Shaleh, M.Sc pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. Sedangkan khusus untuk produk Keripik Pokea merupakan Inovasi dari Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Produk inovasi lainnya yang dipamerkan adalah produk sains dan teknologi berupa Drone dan Wajan Bolic dari barang bekas karya mahasiswa Tadris Matematika di bawah bimbingan Dedyerianto, M.Si.

Pameran Hakteknas diikuti oleh berbagai instansi pemerintah maupun swasta yang memiliki inovasi baik pangan maupun produk saintek. Pameran juga dimeriahkan dengan lomba sains tingkat SD, SMP dan SMA. (liv)

Related Post