Jelang Ramadhan, IAIN Kendari Salurkan Ratusan Paket Sembako dan Ribuan Masker untuk Mahasiswa dan Masyarakat

Lily Ulfia, SE 23-04-2020 (12:26:41) Berita 503 times

Kendari, Humas – Menjelang bulan suci Ramadhan, IAIN Kendari menyalurkan ratusan paket sembako dan ribuan masker bagi mahasiswa dan masyarakat terdampak, Rabu (22/4/20). Sebagian bantuan tersebut diserahkan oleh Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. faizah Binti Awad, M.Pd didampingi Wakil Rektor II Dr. Batmang, M.Pd bertempat di halaman rektorat. Sedangkan sebagian lagi disalurkan oleh Tim Satgas COVID-19 langsung ke rumah penerima.

Kepada para penerima bantuan, Rektor IAIN Kendari menyampaikan keprihatinannya atas kesulitan ekonomi yang dialami selama wabah COVID-19 ini. Dia berharap, bantuan berupa beras dan bahan makanan lainnya dapat membantu meringankan beban ekonomi terutama bagi para pekerja harian.

“Wabah COVID-19 ini menjadi ujian berat bagi kita semua, terutama bagi saudara-saudara kita yang penghasilannya dari bekerja harian. Walau tak seberapa, semoga bantuan ini cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup dalam beberapa hari ke depan,” harapnya.

Rektor juga menyampaikan ungkapan apresiasi yang tinggi atas kepedulian dan kepekaan para dosen dan pegawai lingkup IAIN Kendari yang telah mendonasikan sebagian penghasilannya untuk membantu saudara kita yang terdampak.

“Kami apresiasi kepedulian para dosen dan pegawai, kepekaan sosial tidak menjadi luntur di tengah situasi seperti ini. Terima kasih sekali lagi, semoga menjadi bekal pahala di kemudian hari,” tambahnya

Ketua tim satgas COVID-19, Amari, M.Ap menjelaskan, proses pendataan dilakukan secara selektif dan diupayakan tepat sasaran. Untuk para penerima bantuan dari kalangan mahasiswa, diutamakan dari luar daerah yang tinggal di sekitar kampus antara lain mahasiswa asal Thailand.

“Khusus untuk mahasiswa kami lakukan survey langsung ke rumah kost yang berada di sekitar kampus. Beberapa diantaranya adalah mahasiswa asal Thailand yang sama sekali tidak memiliki sanak saudara disini. Sedangkan untuk masyarakat, pihaknya dibantu oleh apparat RW/RT sehingga validitas datanya tidak diragukan,” ungkapnya.

Mereka yang menerima bantuan dari kalangan masyarakat merupakan pekerja lepas seperti tukang ojek, tukang sayur, pedagang kue, tukang tambal ban, sopir angkot dan pekerja harian lainnya.

Usai pembagian sembako, sehari kemudian Tim Satgas Siaga COVID-19 melanjutkan pembagian seribu masker untuk masyarakat. Pembagian dilakukan di pasar tradisional dengan menyasar para pedagang serta masyarakat umum lainnya. Selain itu, masker juga dibagikan untuk para pengendara yang melintas di depan kampus IAIN Kendari. 

Bantuan ini masih akan dilaksanakan untuk periode berikutnya sambil menunggu donasi dari dosen dan pegawai terkumpul seluruhnya.

Satgas siaga COVID-19 IAIN Kendari dibentuk sejak tanggal 24 Maret 2020. Satgas bertugas melaksanakan fungsi sosialisasi, koordinasi, dan pencegahan  COVID-19 di lingkungan IAIN Kendari dan masyarakat. Selama dibentuk, satgas telah melakukan langkah-langkah pencegahan antara lain penyemrpotan cairan disinfektan di kawasan kampus, serta menyediakan hand sanitizer serta kran cuci tangan berserta sabun di setiap pintu masuk. (liv)

 
 
 

 

Foto Publikasi

  • Lily Ulfia, SE 23-04-2020 (12:43:08)
  • Lily Ulfia, SE 23-04-2020 (12:43:21)
  • Lily Ulfia, SE 23-04-2020 (12:43:21)

Related Post