Jelang Idul Fitri, IAIN Kendari Salurkan Zakat untuk Mahasiswa dan Masyarakat

Lily Ulfia, SE 21-05-2020 (15:23:12) Berita 741 times
Kendari, Humas – Menjelang hari raya Idul Fitri 1441 Hijriyah, Institut Agama Islam Negeri Kendari menyalurkan zakat fitrah dan profesi kepada mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus. Penyaluran ini dilaksanakan secara simbolis oleh Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd, Kamis (21/05/20). Penyerahan itu disaksikan oleh Wakil Rektor II, Dr. Batmang, M.Pd, Wakil Rektor III, Dr. H. Herman, M.Pd.I, Ketua UPZ IAIN Kendari Dr. Muhammad Hadi, M.HI serta sejumlah pengurus UPZ.
 
Rektor menyampaikan bahwa pengumpulan zakat di lingkungan IAIN Kendari merupakan bentuk ketaatan Dosen dan Pegawai terhadap kewajiban atas pembayaran Zakat Fitrah dan Profesi. Pembayaran zakat melalui UPZ IAIN Kendari ini juga disertai komitmen agar dana tersebut dapat bermanfaat untuk mahasiswa dan warga kurang mampu di sekitar kampus.
 
“Kami harapkan penyaluran zakat ini bisa bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat terutama di saat situasi pandemi seperti yang kita hadapi sekarang ini,” kata rektor.
 
Ketua UPZ IAIN Kendari, Dr. Muhammad Hadi menyebutkan, jumlah dana zakat fitrah yang terkumpul selama bulan ramadhan ini sebesar Rp. 16 juta. Dana ini disalurkan untuk mustahik dengan bebeapa kriteria antara lain mahasiswa yang tidak pulang kampung akibat covid-19, mahasiswa yang masuk kategori fakir dan miskin serta warga sekitar yang kurang mampu. Penerima zakat ini terdiri dari 60 orang mahasiswa dan 20 orang warga sekitar.
 
Sedangkan untuk zakat profesi yang telah dikumpulkan selama satu tahun, nilainya sebesar Rp 45 juta. Dana ini disalurkan untuk 50 orang warga sekitar kampus dengan kriteria fakir dan miskin dan bantuan modal untuk pemilik usaha produktif. Sebagian besar dana ini juga akan disalurkan kepada mahasiswa dengan kategori fii sabilillah.
 
“Untuk penyaluran zakat profesi kepada mahasiswa kami tangguhkan dulu karena masih akan dilakukan verfikasi keabsahan data kondisi mahasiswa yang bersangkutan,” jelasnya.
 
Selain penyaluran zakat, IAIN Kendari juga telah menyalurkan dana donasi peduli covid pada April lalu. Dana yang disalurkan hampir mencapai Rp20 juta yang merupakan sumbangan sukarela dari Dosen dan Pegawai untuk mahasiswa dan masyarakat terdampak Covid-19.
 
Ashar, salah seorang warga penerima zakat yang sehari-hari bekerja sebagai buruh bangunan, mengucap syukur atas penyaluran zakat dari IAIN Kendari. Ia mengaku telah kehilangan pekerjaan sejak pandemi covid sebab aktifitas di tempat kerjanya dibatasi karena kekhawatiran adanya potensi penularan virus.
 
“Dengan kondisi seperti ini kami kesulitan memenuhi kebutuhan hidup, oleh karena itu kami berterima kasih kepada IAIN Kendari yang sudah peduli terhadap kondisi kami,” ungkapnya.
 
Ashar tidak sendiri, ratusan bahkan ribuan orang harus kehilangan mata pencaharian selama masa pandemi. Kondisi ini menggugah ASN IAIN Kendari untuk terus berkontribusi memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan uluran tangan para dermawan.
 
Satgas Covid-19 IAIN Kendari masih terus membuka donasi,  dengan harapan masih akan ada penyaluran bantuan untuk tahap berikutnya kepada mereka yang belum tersentuh bantuan. (liv)
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

Foto Publikasi

  • Lily Ulfia, SE 21-05-2020 (15:25:48)
  • Lily Ulfia, SE 21-05-2020 (15:25:59)

Related Post