IAIN Kendari Siap Gelar Konferensi Internasional Virtual Pertama di Sultra, Dihadiri Pembicara dari Tiga Benua

Lily Ulfia, SE 06-10-2020 (12:36:01) Berita 383 times

Kendari, Humas – IAIN Kendari bekerjasama dengan Southeast Asia Academic Mobility (SEAAM) siap menggelar Konferensi Virtual pertama di Sulawesi Tenggara, International Conference Transdisciplinary on Islamic Knowledge (ICONIK) pada 7-8 Oktober 2020. ICONIK mengusung tema Islamic Studies in Transdisciplinary Perspectives.

Konferensi yang disiarkan langsung di kanal youtube IAIN Kendari ini akan dihadiri oleh para pakar keilmuan transdisipliner dari empat benua, Asia, Amerika, dan Eropa antara lain Prof. Dr. Etin Anwar (Hobart And William Colleges, USA), Prof. Dr. Onder Kutlu (Necmettin Erbakan Universitesi, Turkey) dan Prof. Dr. Gamal Abdul Nasir Zakaria (Universiti Brunei Darussalam).
Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd mengatakan, konferensi virtual ini menjadi bukti bahwa pandemi tidak menurunkan semangat para akademisi untuk melahirkan karya yang bermanfaat untuk masyarakat.

“Tema yang diangkat juga memperkuat posisi IAIN Kendari sebagai kampus yang mengusung visi pusat pengembangan kajian Islam Transdisipliner, menghilangkan batas-batas dikotomi keilmuan sehingga pengembangan islamic studies semakin universal dan bermanfaat bagi masyarakat. Konferensi ini juga semakin meneguhkan fitrah kita sebagai akademisi yang terus memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui karya ilmiah meskipun di tengah kondisi pandemi,” jelasnya.

Scientific Commitee SEAAM, Ismail Suardi Wekke, Ph.D mengungkapkan antusiasnya dalam membantu penyelenggaraan ICONIK 2020 ini. Keterlibatan SEAAM merupakan wujud kepedulian SEAAM terhadap pengembangan kelembagaan IAIN Kendari di masa mendatang.

“IAIN Kendari telah menjadi mitra SEAAM sejak terbentuk pada 2016 silam. Keterlibatan kami dalam ICONIK ini kami harapkan dapat mendorong percepatan IAIN Kendari sebagai kampus yang unggul dalam bidang riset dan global networking,” ungkap Ismail.

Satu hari menjelang pelaksanaan konferensi virtual tersebut, panitia telah merampungkan seluruh perangkat teknis yang dibutuhkan selama kegiatan berlangsung. Rektor beserta jajaran pimpinan dan senat akan mengikuti Prosesi Opening Ceremony dari salah satu hotel di Kendari dengan tetap menjalankan protokol covid-19.

Penanggung jawab kegiatan, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Husain Insawan, M.Ag memastikan seluruh perangkat yang dibutuhkan dalam rangkaian kegiatan selama dua hari baik plenary session maupun paralel session telah diuji coba beberapa kali untuk menghindari gangguan teknis konferensi berlangsung.

“Ini adalah konferensi internasional kedua yang kami laksanakan tetapi pendekatannya sedikit berbeda karena semua bergantung pada perangkat digital. Kami sudah melakukan langkah antisipatif untuk menghindari trouble dengan penambahan kapasitas jaringan internet serta pengadaan perangkat sesuai dengan kebutuhan,” jelasnya.

Kegiatan ICONIK akan dibuka pada pukul 08.00 Waktu Indonesia Tengah dan dilanjutkan dengan plenary session dan parallel session selama dua hari ke depan. Konferensi virtual ini menjadi salah satu momentum bagi IAIN Kendari untuk mempertegas kesiapan menuju perubahan status menjadi Universitas Islam Negeri. (liv)
 
 

Related Post