IAIN Kendari Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Lily Ulfia, SE 19-11-2019 (16:41:30) Berita 424 times
Kendari, Humas – IAIN Kendari memperingati hari kelahiran atau Maulid Nabi Muhammad Saw di Auditorium, Selasa (19/11/19). Acara yang bersifat silaturrahmi ini diisi dengan tausiyah dari Ust. H. Jahada, S.Ag, M.Pd.I.

Tema yang diangkat adalah meneladani akhlak Rasulullah dalam membentuk Generasi Unggul dan Moderat. Dalam tausiyahnya, penceramah yang juga alumni IAIN Kendari itu mengingatkan tentang pentingnya meneladani akhlak Rasulullah dalam kehidupan sosial maupun dalam lingkup organisasi kerja. Sifat rendah hati dan moderat menjadi ciri khas Rasulullah Saw yang seharusnya diterapkan baik dalam proses pendidikan maupun interaksi sosial lainnya.

“Setinggi-tingginya jabatan dan kedudukan kita saat ini kita tidak dibenarkan memandang remeh orang lain, sebab semua orang memiliki peran yang sama dalam mendorong kesuksesan sebuah organisasi. Mari bersikap rendah hati dan menjauhi sifat sombong agar tercipta kenyamanan dalam berinteraksi untuk mewujudkan kinerja yang unggul,” tambahnya.

Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd mengatakan, kegiatan ini selain menjadi momentum bagi sivitas akademika untuk bersilaturrahmi dan merefleksikan nilai-nilai keteladanan rasulullah dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita patut menyadari bahwa rasulullah sebagai uswatun hasanah bagi kita semua. Marilah kita meneladani beliau dalam menjaga tali silaturrahmi di antara kita, untuk sama-sama membangun IAIN Kendari dan mencapai misi membangun generasi yang unggul dan moderat,” ungkapnya.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw lingkup IAIN Kendari juga menjadi sarana silaturrahmi antar sivitas akademika IAIN Kendari. Pada kesempatan ini turut hadir jajaran pejabat antara lain Wakil Rektor, Kepala Biro AUAK, Dekan Fakultas, Pejabat Fungsional dan Struktural Lingkup IAIN Kendari serta Ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas.

Untuk menambah kemeriahan acara ini, sebagaimana menjadi ciri khas dan budaya perayaan maulid di Sulawesi Tenggara, panitia melaksanakan lomba kreasi bunga Male. Kriteria penilaian lomba tersebut antara lain Kreatifitas, Keunikan dan keindahan. H. Jahada, S.Ag, M.Pd.I dan Dr. Abdul Kadir, M.Pd didaulat menjadi dewan juri.

Hasilnya, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah meraih juara I dengan kreasi male miniatur gedung kuliah terpadu IAIN Kendari. Juara II diraih oleh Bagian Perencanaan dan Keuangan yang membuat kreasi male miniatur Masjidil Haram dan rombongan Jamaah haji IAIN Kendari. Konsep ini merupakan simbol keseimbangan antara urusan dunia dan akhirat. Sedangkan Juara ke III diraih oleh Fakultas Syariah yang menghadirkan simbol timbangan sebagai simbol keadilan untuk kemakmuran rakyat Indonesia. (liv)
 
 
 

Related Post