IAIN Kendari Tembus Empat Besar PTKIN Terbaik Se Indonesia Versi Webometrics

Lily Ulfia, SE 03-08-2020 (12:59:47) Berita 2387 times
Kendari, Humas – Lembaga pemeringkatan universitas dunia, webometrics  telah merilis peringkat kampus terbaik di dunia termasuk di Indonesia pada Juli 2020.

Pada rilis tersebut menempatkan Institut Agama Islam Negeri Kendari pada posisi ke empat kategori Perguruan Tinggi Keagamaan Islam negeri (PTKIN) terbaik se Indonesia. Peringkat IAIN Kendari pada periode ini naik dua tingkat dari periode Januari 2020 yaitu berada pada posisi ke enam.
Penilaian peringkat webometrics mengacu pada mutu pengelolaan website melalui empat aspek penilaian antara lain presence, impact, openness, dan excellence.

Presence diukur berdasarkan jumlah situs web, termasuk sub domain yang ada di suatu perguruan tinggi. Untuk aspek impact dinilai dari banyaknya link yang tersebar pada situs lain. Kemudian, aspek openess diukur dari jumlah file berbagai jenis (.pdf, .doc, .ps, .eps, .docx, .ppt, atau .pptx), yang dapat diakses dan terhubung dengan domain situs universitas. Terakhir aspek excellence, dinilai berdasarkan jumlah artikel publikasi ilmiah karya civitas akademika pada universitas tersebut.

Dalam enam bulan terakhir, alexa.com mencatat link website utama www.iainkendari.ac.id disebar sebanyak 1.800 kali pada pada situs lain. Untuk itu, IAIN Kendari mendapatkan point tertinggi pada aspek penilaian impact.

Kepala UPT TIPD IAIN Kendari Ibrahim Iskandar mengatakan, pencapaian ini berkat kerja keras dan kontribusi semua pihak terkait di lingkungan IAIN Kendari dalam mengoptimalkan pemanfaatan website sebagai sarana penyebaran informasi dan layanan akademik dan non akademik.

“Pencapaian peringkat ini akan menjadi motivasi bagi kami untuk meningkatkan kinerja pengelolaan website. Kami berupaya meningkatkan akses terhadap aplikasi layanan berbasis website melalui inovasi dan pengembangan aplikasi akademik maupun non akademik terutama dengan harapan layanan ini akan menjadi pilihan utama bagi sivitas akademika maupun masyarakat lainnya dalam mengakses informasi dan layanan IAIN Kendari terutama selama masa pandemi,” pungkasnya.

Berikut peringkat PTKIN versi webometrics periode Juli 2020:
  1. UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  2. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  3. UIN Sunan Ampel Surabaya
  4. IAIN Kendari
  5. UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  6. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  7. UIN Raden Intan Lampung
  8. UIN Walisongo Semarang
  9. IAIN Syech Nurjati Cirebon
  10. IAIN Surakarta
 
 

Related Post