Hasil UM-PTKIN Diumumkan, 1.100 Peserta Lolos Masuk IAIN Kendari

Lily Ulfia, SE 24-08-2020 (14:59:59) Berita 269 times

Kendari, Humas – Panitia Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau UM-PTKIN telah mengumumkan hasil Sistem Seleksi Elektronik (SSE) pada 24 Agustus 2020 melalui laman resmi https://pengumuman.um-ptkin.ac.id/. Penetapan kelulusan seleksi mahasiswa baru yang sepenuhnya dilakukan secara online ini berdasarkan perolehan nilai seleksi yang digelar secara serentak di seluruh PTKIN, tanggal 3 – 10 Agustus 2020.

Sebanyak 1.100 peserta UM-PTKIN dinyatakan lolos sebagai mahasiswa baru IAIN Kendari. Dari jumlah tersebut, program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) menduduki peringkat teratas sebagai prodi yang paling diminati dengan jumlah mahasiswa sebanyak 252 orang.

UM-PTKIN digelar serentak oleh panitia pelaksana lintas kampus baik UIN, IAIN maupun STAIN yang ditetapkan Menteri Agama. Tahun ini,  UIN Sunan Gunung Jati Bandung dan UIN Raden Intan Lampung dipercaya sebagai koordinator pelaksanaan ujian. 
Berdasarkan data statistik UM-PTKIN, jumlah pendaftar di IAIN Kendari tahun 2020 sebanyak 1.305 . Jumlah ini meningkat sekitar 20 persen dibandingkan tahun 2019 yaitu sebanyak 1.032 orang.

“Kami bersyukur karena kuantitatif jumlah pendaftar IAIN Kendari tetap mengalami peningkatan meski di tengah pandemi. Ini membuktikan bahwa animo dan apresiasi masyarakat terhadap IAIN Kendari terus membaik seiring dengan upaya-upaya peningkatan mutu yang kami lakukan,” ungkap ketua Panitia UM-PTKIN IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan, M.Ag yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga ini.

Para peserta yang telah dinyatakan lolos diberikan waktu untuk melakukan heregistrasi atau pendaftaran ulang sampai tanggal 31 Agustus 2020. Pendaftaran ini sepenuhnya dilaksanakan secara online melalui aplikasi system informasi akademik https://sia.iainkendari.ac.id.

Sementara itu, pendaftaran mahasiswa baru untuk jalur Ujian Mandiri masih dibuka sampai tanggal 26 Agustus 2020. Untuk jalur ini, penilaian kelulusan ditetapkan berdasarkan nilai raport dan nilai ijazah yang diupload pada saat pendaftaran. (liv)
 

Related Post