Uji Coba SSE UM-PTKIN, Peserta Ujian dari Rumah

Lily Ulfia, SE 19-05-2021 (16:52:25) Berita 196 times
Kendari, Humas – Panitia lokal Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) menggelar uji coba System Seleksi Elektronik (SSE) selama tiga hari, 17-19 Mei 2021. Pengawasan peserta ujian dilaksanakan secara virtual di laboratorium komputer, sedangkan peserta berada di rumah masing-masing.

System tersebut mengharuskan peserta menyiapkan sejumlah perangkat elektronik yang kompatibel dengan aplikasi SSE UM-PTKIN baik berupa notebook, personal computer ataupun smartphone yang terkoneksi dengan internet.

Ketua panitia UM-PTKIN IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan, M.Ag mengatakan, uji coba SSE UM-PTKIN diikuti oleh 734 peserta yang berdomisili di berbagai provinsi di Indonesia. Mereka mengikuti uji coba pada ruang ujian virtual yang dipantau langsung oleh panitia pusat dan panitia lokal IAIN Kendari.

“Kami berharap pelaksanaan uji coba ini dapat meminimalisir kendala teknis yang berpotensi dialami para peserta jika tidak memahami proses ujian dengan system elektronik ini,” jelas Husain yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor I ini.

IAIN Kendari menyiapkan 6 ruang ujian virtual dimana setiap ruangan tersebut diikuti oleh 20 peserta ujian yang terhubung dengan live camera. Setiap ruang ujian melayani tiga sesi ujian dengan durasi 120 menit.

Selama pelaksanaan uji coba, pengawas membantu menjelaskan tata tertib dan teknis mengikuti ujian dengan system elektronik. Dengan demikian, peserta dapat menghindari kesalahan yang bisa menyebabkan peserta dinyatakan gugur atau tidak dapat melanjutkan ujian.

Berdasarkan pantauan panitia, para peserta sudah memahami alur pelaksanaan ujian sehingga diharapkan pelaksanaan SSE pada tanggal 24-26 dapat berjalan dengan lancar.(lily)
 

Related Post