Gelar PBAK Virtual, Mahasiswa Baru IAIN Kendari Diajak Kenali Kampus Lewat Video

Lily Ulfia, SE 08-09-2020 (10:59:03) Berita 1301 times
Kendari, Humas – Institut Agama Islam Negeri Kendari menggelar kegiatan Pengenalan Budaya Akademik (PBAK) tahun 2020 secara virtual dengan memanfaatkan aplikasi Zoom dan disiarkan langsung melalui Youtube. Kegiatan ini diikuti oleh 1.332 mahasiswa baru program sarjana dari rumah masing-masing.

Rektor IAIN Kendari yang membuka kegiatan ini memotivasi mahasiswa untuk tetap semangat menjalani masa PBAK walaupun melalui pertemuan virtual, tanpa berada di lingkungan kampus.

“Kami ucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru, meskipun pertemuan perdana kita dilakukan tanpa tatap muka secara langsung namun saya berharap mahasiswa baru tahun 2020 tetap memiliki kebanggaan menjadi bagian dari keluarga besar IAIN Kendari,” ucap Rektor

Rektor menjelaskan, sebagai Perguruan Tinggi Islam Negeri satu-satunya di Sultra IAIN Kendari memiliki keunggulan dan karakteristik yang tidak ditemukan di kampus lainnya antara lain kajian akademik berbasis transidisipliner dengan menempatkan nilai-nilai keislaman sebagai pondasi dalam setiap kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi.

“Nilai-nilai keislaman akan menjawab berbagai problem kehidupan kita. Karakteristik ini akan anda dapatkan step by step, dimulai dari hari ini sampai anda akan meraih gelar sarjana. Karakteristik yang akan mengantarkan mahasiswa dan alumninya yaitu kemapanan keilmuan yang menyeimbangkan antara kepentingan duniawi dan ukhrawi,” paparnya.

Rektor berharap, pandemi segera berakhir agar mahasiswa dapat mengikuti proses pembelajaran secara langsung dan memanfaatkan semua fasilitas yang ada dalam rangka mengembangkan wawasan keilmuan yang lebih baik.

PBAK tahun 2020 mengangkat tema “Membentuk Mahasiswa Berprestasi, Berdaya Saing, dan Adaptif di Era Normal Baru”. Ketua panitia PBAK Virtual, Dr. H. Muh. Iksan, M.Ag menjelaskan, PBAK bertujuan memberikan informasi yang memadai tentang budaya akademik dan kemahasiswaan.

“Panitia berupaya memaksimalkan semua potensi yang ada untuk memperkenalkan layanan tridharma perguruan tinggi serta sistem organisasi kemahasiswaan meskipun dilakukan secara online. Ini merupakan tahapan penting sebelum melewati proses pembelajaran yang akan mengantarkan mereka menjadi generasi yang unggu dan berdaya saing serta adaptif di masa sekarang,” jelas Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah itu.

Selama pelaksanaan PBAK virtual, mahasiswa akan memperoleh materi pengenalan budaya akdemik melalui tayangan video dan materi daritentang kebijakan perguruan tinggi. Selain itu, mahasiswa juga dikenalkan tentang pemanfaatan e learning dan layanan berbasis online yang digunakan selama pandemi covid-19.

Selain mengenal layanan akademik, mahasiswa juga diberikan tambahan wawasan mengenai moral dan nasionalisme melalui materi pencegahan narkoba, moderasi beragama dan nasionalisme bagi generasi milenial. Selain itu, ketua Satgas covid-19 provinsi Sulawesi Tenggara juga ikut andil memberikan pencerahan terkait pencegahan penularan wabah virus corona. Informasi ini dibutuhkan demi mencegah jumlah pasien positif corona khususnya di wilayah Sultra.

Kegiatan PBAK berlangsung selama tiga hari. Untuk mengurangi kejenuhan peserta, panitia juga menyiapkan sejumlah doorprize bagi peserta terbaik, menyiapkan games online yang menarik serta menyediakan kuis seputar IAIN Kendari. (liv)
 
 

Related Post