FTIK IAIN Kendari Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa Melalui Kegiatan PLP

Lily Ulfia, SE 22-07-2019 (17:29:52) Berita 636 times
Kendari, Humas – Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Kendari menggelar kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) I tahun 2019. Kegiatan ini diawali dengan pelepasan mahasiswa PLP  oleh Wakil Rektor I, Dr. Husain Insawan, M.Ag di Auditorium IAIN Kendari, Senin (22/7/19). Turut hadir pada kesempatan tersebut antara lain Dekan FTIK, Dr. Masdin, M.Pd, Wakil Dekan I FTIK Jumardin La Fua, M.Si serta sejumlah dosen pembimbing lingkup FTIK.

Di hadapan 525 mahasiswa peserta PLP, Warek Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga ini menyampaikan apresiasi kepada FTIK yang melaksanakan PLP perdana sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan kapasitas mahasiswa sesuai dengan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia atau KKNI

“Saya pikir ini adalah langkah tepat yang diambil pengelola fakultas dalam rangka meningkatkan kualifikasi mahasiswa. Mau tidak mau kita memang harus berbenah dan menyesuaikan diri sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman terutama menghadapi era industri 4.0 dengan mempersiapkan mahasiswa melalui peningkatan skill”, ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, kegiatan PLP menjadi sarana seorang calon guru untuk mengenal karakter siswa sebagai acuan dalam menentukan metode mengajar yang tepat. Karakter ini ikut dipengaruhi oleh lingkungan sekolah, fasilitas umum di sekitar sekolah dan faktor eksternal lainnya.

Wakil Rektor I juga berpesan agar peserta PLP dapat beradaptasi dengan situasi di sekolah, menyesuaikan diri serta menjaga attitude baik kepada guru-guru di sekolah, pegawai administrasi da terutama kepala sekolah sebagai penanggung jawab sekolah. Hal ini bertujuan agar kegiatan PLP dapat berlangsung lancar dan mendapat dukungan dari pihak sekolah.

Mahasiswa peserta PLP terdiri dari 83 kelompok yang akan melakukan observasi pada 21 sekolah di kota Kendari.

Dekan FTIK Dr. Masdin, M.Pd mengatakan, PLP ini bertujuan untuk membangun jati diri pendidik, memantapkan kompetensi akademik pendidikan dan bidang studi, memantapkan kemampuan awal mahasiswa calon guru serta pengembangkan perangkat pembelajaran dan kecakapan pedagogis dalam membangun bidang keahlian pendidikan.

“Pengembangan kompetensi ini dilakukan antara lain melalui pengamatan langsung kultur sekolah, pengamatan langsung proses pembelajaran dan merefleksi hasil pengamatan proses pembelajaran. Rangkaian kegiatan ini diharapkan akan memudahkan mahasiswa saat melaksanakan praktik mengajar”, jelasnya.

PLP merupakan program berjenjang terdiri dari PLP I dan PLP II. Kegiatan PLP I difokuskan pada proses observasi sedangkan pada PLP II mahasiswa akan menjalani praktik mengajar di sekolah. Melalui program peningkatan kompetensi seperti PLP, fakultas terbesar di IAIN Kendari tersebut menargetkan akan menghasilkan alumni yang kompeten dan profesional sesuai dengan kebutuhan masyarakat. (liv)
 

Related Post