FTIK Gelar Pengabdian Masyarakat Berbasis Keilmuan Prodi di Bombana dan Kolaka

Lily Ulfia, SE 17-03-2021 (13:02:19) Berita 281 times

Kendari, Humas - Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Kendari berupaya memberikan kontribusi keilmuan yang konkrit dan terukur dalam pembangunan masyarakat di Sulawesi Tenggara. Salah satunya langkah yang ditempuh adalah dengan pelaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis keilmuan program studi.

Pada tahap pertama, kegiatan pengabdian ini menyasar masyarakat di dua kabupaten yakni Bombana dan Kolaka yang digelar selama tiga hari, 12-14 Maret 2021. Tim Prodi yang melakukan pengabdian masyarakat di Bombana yaitu  Prodi Tadris Fisika, Tadris Biologi, dan Tadris Bahasa Inggris. Sedangkan di Kolaka ada Prodi Tadris Matematika, Tadris IPA, dan Prodi Pendidikan Bahasa Arab.

Dekan FTIK, Dr. Masdin, M.Pd menjelaskan, kehadiran tim prodi di tengah masyarakat bertujuan memberikan pelatihan praktis sesuai dengan bidang keilmuan mereka seperti yang dilakukan oleh tim prodi Tadris Fisika.

“Mereka mengadakan pelatihan kit eksperimen fisika dan solusi eksperimen daring kepada siswa-siswi SMAN 9 Bombana di Kecamatan Poleang Tengah. Begitupula tim prodi Tadris Biologi memberikan pelatihan pembuatan bakso ikan kepada warga Desa Terapung Kecamatan Poleang Tenggara Bombana. Pelatihan ini diharapkan memberi manfaat kepada peserta pelatihan terutama dalam peningkatan kapasitas dan keterampilan,” jelasnya.

Kegiatan serupa juga dilakukan di kabupaten Kolaka dengan melibatkan peserta siswa dan guru SMAN 1 Samaturu dan SMKN 1 Samaturu Pulu Ase. Prodi Tadris Matematika dan IPA menyiapkan materi pelatihan yang bermuatan edukasi seperti pembuatan media pembelajaran berbasis komputer maupun edukasi kemampuan mendeteksi formalin makanan menggunakan kit alam.

Sedangkan Prodi Pendidikan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris keduanya memberikan pelatihan tentang penguatan skill berbahasa asing.

Kegiatan pengabdian ini mendapat respon yang positif dari masyarakat. Mereka menyambut dengan antusias pelatihan yang diberikan secara cuma-cuma itu dan bersyukur karena mendapatkan keterampilan dan pengetahuan yang dapat diterapkan dalam aktifitas keseharian di tengah masyarakat.

Rencananya, FTIK masih akan melaksanakan kegiatan serupa di wilayah lainnya sebagai wujud keseriusan terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia di daerah ini. (hyn/liv)
 

 

Foto Publikasi

  • Lily Ulfia, SE 17-03-2021 (13:08:10)
  • Lily Ulfia, SE 17-03-2021 (13:08:19)
  • Lily Ulfia, SE 17-03-2021 (13:08:26)

Related Post