Target Naikkan Peringkat Jurnal al-Adl, Fakultas Syari’ah Gelar Workshop Online

Lily Ulfia, SE 11-06-2020 (16:33:47) Berita 227 times
Kendari, Humas – Fakultas Syari’ah IAIN Kendari tak henti membangun kultur riset dan publikasi di kalangan dosen dan mahasiswa melalui kegiatan peningkatan kompetensi penulisan artikel, baik berupa workshop maupun pendampingan penulisan artikel dan pengelolaan jurnal.

Di masa pandemi ini, Fakultas Syariah memilih melaksanakan kegiatan workshop Academic Writing secara virtual dengan tema Paradigma Penulisan Artikel dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Bereputasi yang digelar selama dua hari, 10-11 Juni 2020.

Kegiatan workshop dibuka untuk umum dengan memanfaatkan aplikasi video conference zoom meeting dan youtube. Hampir dua ribu orang tercatat melakukan registrasi untuk mengikuti workshop yang menghadirkan narasumber seorang Guru Besar dari Universitas Hasanuddin yang juga sekaligus seorang asesor Jurnal pada Kemenristek-BRIN, Prof. Dr. Irwansyah, M.H. Narasumber kedua, seorang profesional pada bidang penulisan dan pengelolaan jurnal Arbain, M.Pd, EIC Script Journal & Associate Editor DOAJ.

Wakil Dekan I Fakultas Syariah, Dr. Andi Yaqub yang memandu jalannya kegiatan workshop mengatakan, semula kegiatan ini hanya diperuntukkan bagi pengelola jurnal tetapi pada akhirnya terbuka untuk umum karena mendapat respon positif dari para akademisi di lingkungan IAIN Kendari maupun perguruan tinggi lainnya dari Aceh sampai Papua. Oleh karena itu, workshop ini dilanjutkan dengan pendampingan pengelolaan jurnal yang lebih intensif dan fokus dalam rangka menambah kapasitas serta kompetensi para pengelola jurnal

“Peringkat Jurnal yang dikelola fakultas saat ini masih berada pada posisi sinta 5. Kami akan mengajukan re-akreditasi  paling lambat akhir tahun ini agar bisa naik minimal pada posisi sinta 3. Ke depan kami juga menargetkan jurnal al-Adl dapat mengantongi predikat jurnal internasional,” paparnya.

Penting bagi fakultas menetapkan target peningkatan peringkat jurnal dikarenakan hal ini menjadi tolak ukur kredibilitas pengelolaan sebuah jurnal ilmiah.

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Hj. Faizah Binti Awad, M.Pd., dalam sambutannya mengungkapkan bahwa penulisan artikel ilmiah yang memiliki kualitas yang layak dipublikasikan pada jurnal bereputasi, merupakan dambaan semua Dosen dan Peneliti sehingga workshop semacam ini sangat dibutuhkan.

Dia juga menyebutkan bahwa IAIN Kendari sangat serius merespon isu ini sehingga bukan hanya kegiatan webinar yang semakin digenjot namun juga menambah kuantitas pelaksanaan kegiatan coaching pengelolaan jurnal.

Usai sambutan Rektor, pemateri pertama Prof. Irwan berbagi wawasan kepada partisipan mengenai pentingnya memahami perbedaan mendasar antara artikel internasional dan artikel berbahasa Inggris. Dia menjelaskan kriteria artikel internasional antara lain mengharuskan adanya penulis dari beberapa negara, berbahasa internasional yang diakui PBB, serta diterbitkan oleh lembaga terakreditasi secara internasional pula.

Dia juga membahas tentang standar penulisan artikel antara lain kebaruan (novelty) dengan tetap mengulas temuan sebelumnya dan menyandarkan tulisan tersebut pada bidang kajian yang dibahasnya. Penulis juga perlu mengedepankan tulisan yang mengangkat isu kekinian dan memiliki dampak terhadap publik secara luas.
 
Pada sesi kedua, Arbain, M.Pd., menjelaskan hal yang lebih teknis mengenai pengelolaan jurnal bereputasi. Isu yang dibahas berkutat sekitar mutu, akreditasi, hingga tips serta trik mengelola jurnal.

Meski bahasan ini menyasar pengelola jurnal secara khusus, namun peserta webinar memperoleh pemahaman mengenai bagaimana proses meracik dapur jurnal ilmiah. Informasi tersebut sangat berguna bagi para penulis sebelum mengirimkan naskah kepada pengelola jurnal, agar mereka memiliki sudut pandang mengenai penerbitan jurnal yang harus melalui proses editing yang ketat sebelum akhirnya dipublikasi.

Materi ini lebih lengkap disampaikan pada sesi coaching pengelola jurnal yang dilaksanakan hari berikutnya, Kamis (11/6/20). Sesi coaching selain diikuti oleh pengelola jurnal al-Adl juga diikuti oleh para pengelola jurnal di lingkungan IAIN Kendari, yang diharapkan dapat menyerap dan mengaplikasikan teknik pengelolaan jurnal bereputasi demi perbaikan kualitas riset dan publikasi para dosen dan mahasiswa di kampus ini. (liv)
 

Related Post