Dosen IAIN Kendari Dibekali Keterampilan Instruksional

Lily Ulfia, SE 18-11-2019 (17:07:37) Berita 304 times

Kendari, Humas – Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Kendari membekali dosen dengan keterampilan pedagogik dalam rangka meningkatkan kualitas hasil pembelajaran. Pembekalan tersebut dilaksanakan melalui kegiatan Workshop Pengembangan Keterampilan Instruksional (PEKERTI) yang digelar di aula perpustakan selama empat hari, 18-22 November 2018.

Selain dosen IAIN Kendari, kegiatan ini juga diikuti oleh sejumlah dosen dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Kota Kendari. Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd berkenan membuka kegiatan tersebut.

Saat membawakan sambutan, Rektor menyampaikan bahwa kompetensi dosen menjadi salah satu variabel penentu dalam proses pembelajaran. Untuk itu, dosen diminta mengupgrade kompetensi yang dimiliki serta mampu menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan generasi saat ini

“Saya berharap dosen tidak berpuas diri dengan kompetensi yang dimiliki, dibutuhkan inovasi dan kreatifitas dalam pembelajaran.  Semakin tinggi kreatifitas dosen maka semakin baik pula kualitas dosen tersebut,” kata Rektor.

Dia juga mengingatkan bahwa dosen memiliki tugas yang tidak ringan terutama dalam memastikan mahasiswa mampu memahami mata kuliah yang diajarkan serta mencapai kemampuan kognitif sekaligus afektif sebagai salah satu dari tujuan pembelajaran..

Dekan FTIK, Dr. Masdin, M.Pd mengungkapkan tujuan dilaksanakannya kegiatan workshop tersebut antara lain untuk memastikan agar dosen terus termotivasi memperbaharui kemampuan mengajar dan tidak terpaku pada peningkatan kompetensi akademik semata.

“Meskipun seorang dosen memiliki kompetensi akademik yang sangat tinggi tetapi tidak dibarengi dengan kemampuan pedagogik maka hal itu tidak cukup memadai untuk membuat sebuah proses pembelajaran berhasil,” kata dosen sekaligus pakar media pembelajaran ini.

Pada taraf pendidikan tinggi, lanjutnya, pendidik juga diharapkan mampu membangun daya kritis dan analisis terhadap suatu persoalan tertentu untuk kemudian mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi. Kemampuan ini akan menjadi bekal mereka saat terjun di dunia kerja.

Ketua Panitia Kegiatan, Jurmadin La Fua mengatakan kegiatan ini diikuti sekitar 60 orang peserta baik dari dalam maupun luar IAIN Kendari. Kegiatan ini untuk pertama kalinya dilaksanakan dalam 10 tahun terakhir sebagai wujud kesadaran dari FTIK dalam rangka melahirkan dosen berkualitas.

“Tujuan utamanya bagaimana agar dosen tidak sekedar menggugurkan kewajiban tetapi menyadari tugas utamanya yaitu mendidik dan membimbing anak bangsa menjadi generasi cerdas dan memiliki daya saing tinggi,” tutupnya.
 

Related Post