433 Orang Peserta SKD Berebut 39 Formasi CPNS IAIN Kendari

Lily Ulfia, SE 15-02-2020 (14:45:43) Berita 897 times

Kendari, Humas – Sebanyak 433 peserta mengikuti seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkup IAIN Kendari. Kegiatan SKD akan digelar selama tiga hari, 14-16 Februari di kantor UPTD Badan Kepegawaian Negara Kendari, Jl. Sultan Hasanuddin, Tipulu.

Peserta SKD di atas akan memperebutkan 39 formasi yang terdiri dari 35 formasi Calon Dosen dan 4 formasi Tenaga Kependidikan termasuk dua diantaranya formasi disabilitas. Formasi ini berdasarkan usulan yang mengacu pada analisis jabatan dan beban kerja dosen serta pegawai di lingkungan IAIN Kendari.

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd mengatakan, penerimaan CPNS dilaksanakan dalam rangka memenuhi kebutuhan sumber daya manusia baik dari tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan.

Respect dan animo masyarakat terhadap IAIN Kendari terus mengalami kemajuan yang ditandai dengan peningkatan jumlah mahasiswa. Untuk itu kami perlu mengimbangi dengan penyediaan SDM baik secara kuantitas maupun kualitas,  salah satunya melalui seleksi CPNS ini”, jelasnya.

Dia juga memastikan bahwa IAIN Kendari melaksanakan seleksi CPNS secara terbuka, transparan dan obyektif, sesuai aturan yang berlaku.

“Jika ada oknum yang mengiming-imingi kelulusan mohon dilaporkan ke panitia agar diusut dan diproses secara hukum”, tegas Rektor saat meninjau pelaksanaan SKD didampingi Wakil Rektor II, Dr. Batmang, M.Pd dan Ketua SPI Aliwar, M.Pd.

Rektor berpesan kepada peserta agar mengikuti proses tes dengan tenang sehingga mampu menyelesaikan soal-soal yang diberikan. Keberhasilan peserta mencapai nilai ambang batas SKD merupakan keberhasilan bagi IAIN Kendari sebab formasi yang disediakan dapat terpenuhi. Sebaliknya jika mengalami kegagalan, akan menjadi pengalaman berharga dan memotivasi para peserta untuk berusaha lebih baik lagi di masa mendatang

Proses seleksi CPNS di lingkungan IAIN Kendari telah berlangsung sejak Desember 2019, diawali dengan seleksi administrasi yang dilaksanakan oleh BKN secara online. Jumlah pendaftar sebanyak 483 orang dimana 50 orang diantaranya dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi karena tidak memenuhi syarat.

Sekretaris Panitia Seleksi CPNS IAIN Kendari, sekaligus menjabat sebagai
Kepala Bagian Umum, Amari, S.Ag, M.Ap menjelaskan, peserta yang lulus pada SKD dijadwalkan akan mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang pada Maret mendatang. Kelulusan SKD akan ditetapkan dan diumumkan oleh BKN berdasarkan rangking tertinggi dan menyesuaikan jumlah kuota yang ada.

“Harapan kita jumlah kelulusan peserta seleksi tahun ini lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya karena kebijakan penurunan passing grade", tambahnya

Pemerintah telah menetapkan nilai ambang batas seleksi kompetensi dasar pengadaan calon pegawai negeri sipil tahun 2019 melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 24 tahun 2019. Dalam Peraturan Menteri PAN-RB tersebut merinci ambang batas nilai kumulatif SKD sebesar 271 poin, dengan rincian 65 poin untuk Tes Wawasan Kebangsaan, 80 poin untuk Tes Intelegensia Umum dan 126 poin Tes Karakteristik Pribadi. (liv)
 
 
 
 
 
 

 

Foto Publikasi

  • Lily Ulfia, SE 15-02-2020 (15:12:36)
  • Lily Ulfia, SE 15-02-2020 (19:00:32)

Related Post